oleh

Menghanguskan Satu Hektare Area Hutan di Matras, Warga Setempat Langsung Hubungi Damkar

Sungailiat, BNBabel — Telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah Lingkungan Matras, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, pada Rabu (03/03) sore.

Berdasarkan laporan warga setempat yang disampaikan ke pihak Damkar Kabupaten Bangka, pada pukul 15.15 WIB, kebakaran yang terjadi di belakang Hotel Parai, dan dekat pemukiman tersebut diketahui melahap sekitar 1 Ha area hutan sekitar.

“Iya. Terjadi karhutla lagi, kali ini di desa Matras, belakang perumahan Parai. Api juga diketahui dekat pemukiman warga. Luas lahan yang terbakar kurang lebih 1 hektar,” ujar Syahrial selaku pimpinan regu Damkar Kabupaten Bangka.

Keterangan dari Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangka Kusyono Aditama, SH, melalui Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kabupaten Bangka, Syahrial, mengatakan kalau anggota regu I Damkar yang sedang piket jaga langsung meluncur ke tempat kejadian mengendarai satu unit mobil Blanwire, sehingga api pun akhirnya ia katakan bisa lekas dipadamkan pada pukul 16.20 WIB.

“Laporan kami terima dari warga sekitar tempat kejadian, masuk pukul 15.15 WIB. Saat itu Anggota regu I yang sedang piket, langsung meluncur ke tempat kejadian dengan segera, sehingga api bisa dipadamkan dengan menggunakan satu unit mobil Blanwire pada pukul 16.20 WIB, ” tutupnya.

Tak lupa juga ia berpesan kepada masyarakat di Kabupaten Bangka, khususnya, agar tidak sungkan dan aktif berkoordinasi bila mengetahui kejadian kebakaran di suatu wilayah dengan segera melaporkannya ke aparatur desa atau lingkungan, Bhabinkamtibnas atau Babinsa setempat, untuk kemudian ditindak-lanjuti ke pihaknya, sebagai ujud layanan masyarakat dari Damkar Kabupaten Bangka yang sesuai motonya: “Pantang Pulang Sebelum Padam”. (JAM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *