oleh

Lintasi Wilayah Udara Putrajaya, Pesawat Boeing 727-400 Milik Israel Mengundang Banyak Pertanyaan

MALAYSIA, BNBABEL.COM – Saat ini ada dua negara di Asia Tenggara yang paling menentang kekerasan yang di lakukan oleh Israel terhadap Palestina, kedua negara tersebut adalah Indonesia dan Malaysia. Ketika muncul pesawat prototipe mata-mata milik Israel yang tengah melakukan terbang uji coba dan melintasi wilayah udara Putrajaya sebelum mendarat di Singapura, hal ini mengudang berbagai tanda tanya.

Dikutip dari sains.sindonews.com, analis pertahanan Zaki Salleh mengatakan meski pada dasarnya itu merupakan penerbangan biasa tetapi kehadiran pesawat yang dilengkapi perangkat keras intelijen elektronik menarik perhatian banyak orang.

Menurutnya, ada kemungkinan pesawat sedang uji coba sistem terbaru dan penerbangan jarak jauh untuk melihat keefektifan peralatan yang sedang di uji.

Jika memang seandainya benar seperti apa yang diberitakan oleh media Malaysia Sinar Harapan, pesawat Boeing 737-400 dengan nomor registrasi 4X-AOO milik Israel Aerospace Industries (IAI-Elta merupakan pesawat intelijen elektronik.

“Pesawat ini digunakan sebagai platform pengujian radar dan peralatan elektronik. Ini di rancang untuk mengakomodasi sistem intelijen slogan patroli maritim, intelijen citra, sistem peringatan dini udara (AEW) dan sistem perlindungan rudal pesawat komersial,” katanya saat dihubungi media tersebut Rabu (26/5/2021).

Zaki menjelaskan dengan berbagai sistem penginderaan dan sensor yang sangat sensitif, kehadiran pesawat Boeing 737-400 milik Israel di Singapura menarik perhatian sekaligus menimbulkan keraguan akan tujuannya.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *