oleh

Latihan Trisula Perkasa Tingkatkan Kemampuan Operasi Tempur Prajurit Paskhas

LUMAJANG,DISPENAU,BNBABEL.COM- Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi operasi tempur serta dalam rangka mengaplikasikan doktrin operasi, taktik, teknik, dan teknik. Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI Angkatan Udara menggelar kegiatan latihan puncak Korpaskhas dengan sandi Trisula Perkasa TA. 2021 di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Rabu,
(29/9/2021).

Latihan ini merupakan latihan rutin tahunan Korpaskhas guna membina kesiapan tempur prajurit Korpaskhas. Dalam latihan tersebut, prajurit Paskhas melaksanakan latihan operasi tempur, diantaranya terjun payung oleh peterjun Korpaskhas.
Dilanjutkan dengan perebutan dan pertahanan Pangkalan serta pembebasan sandera, oleh Satuan Bravo 90 paskhas TNI AU.

Selain itu, latihan Trisula Perkasa ini melibatkan sejumlah alutsista yang dimiliki TNI AU seperti pesawat Super Tucano, C-130 Hercules, dan Helikopter serta kendaraan tempur taktis.

Disela-sela kegiatan latihan Dankorpaskhas Marsda TNI Eris Widodo, S.E., M.Tr (Han) mengatakan latihan puncak Trisula Perkasa 2021 ini untuk melatih kemampuan para prajurit paskhas TNI AU guna memahami dan mengaplikasikan doktrin sehingga dalam melaksanakan baik taktik dan strategi operasi udara berdasarkan rencana Operasi yang telah ditentukan.

“Tujuan utama dari latihan Trisula Perkasa ini adalah untuk melatih kemampuan para prajurit Paskhas TNI AU dengan menggunakan alutsista yang kita miliki. Disisi lain, latihan ini adalah untuk memelihara kemampuan prajurit Pasukan Khas TNI AU dengan alusista-alusista yang dimiliki Paskhas TNI AU,” ujar Dankorpaskhas.

Pada latihan ini disimulasikan Pangkalan TNI AU dikuasai oleh musuh dan akan dilakukan upaya perebutan kembali atau OP3U (Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara) yang diawali dengan melaksanakan Operasi Udara Lawan Defensif (OULD) oleh dua pesawat EMB-314 Super Tucano yang melakukan bantuan tembakan.

Setelah keunggulan dapat diraih selanjutnya dilaksanakan penerjunan puluhan pasukan pengendali tempur menggunakan dua pesawat Hercules.

Dalam waktu singkat, para prajurit Paskhas TNI AU dapat merebut kembali pangkalan udara serta mampu melumpuhkan kelompok teroris, dalam waktu singkat.

“Dapat kita saksikan bersama pelaksanaan latihan ini berjalan cukup baik dan memuaskan serta berjalan sesuai dengan rencana yang telah dipersiapkan. Latihan ini juga dalam rangka mempersiapkan latihan puncak TNI AU yaitu Angkasa Yudha, yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang,” ungkap Dankorpaskhas.

Turut hadir dalam kegiatan Asops Kasau, Kadisopslatau, Danlanud Abdurrahman Saleh, para pejabat Makorpaskhas, Pejabat Lanud Abdurrahman Saleh, Bupati Lumajang, dan Wakil Bupati Lumajang.(BN02)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *