oleh

Latihan Koopsau dan Paskhas 2021 di Belitung Sukses, Terimakasih TNI AU

BELITUNG, BNBABEL.COM – Latihan Antar Jajaran Satuan Koopsau I dan Wing I Paskhas Jalak Sakti Hardha Marutha 2021 di Air Weapon Range (AWR) Buding Lanud H. AS Hanandjoeddin Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hari ini (14/06/2021) berjalan sukses.

 

Latihan tersebut melibatkan sebanyak 800 personel dan 25 pesawat tempur di antaranya pesawat tempur Hawk 109/209, pesawat tempur F-16, pesawat Boeing-737 Intai Maritim, pesawat C-130 Hercules, helikopter EC-725, helikopter SA-330 Puma, helikopter NAS-332 Super Puma, helikopter EC-120 Colibri serta pesawat CN-295.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman turut hadir bersama Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fajar Prasetyo beserta rombongan.

Para tamu dari TNI AU dan masyarakat antusias melihat secara langsung latihan jajaran satuan Koosau I dan Wing I Paskhas Sakti Hardha Marutha 2021.

Kehadiran peserta latihan itu, kini sempat membuat ramai Pulau Belitung, dimana di tengah masa Pandemi Covid-19 Pemerintah terus berusaha menarik tamu-tamu untuk datang ke Pulau Belitung karena Pulau Belitung sudah menjadi Target Destinasi Wisata Indonesia.

“Kehadiran tamu dari TNI AU ini, kita sungguh merasa bahagia, karena daerah kita menjadi ramai, terus mereka pun bisa mengeksplor sekaligus mempromosikan Babel untuk dipromosikan menjadi daerah tujuan Wisata,” kata Gubernur.

Terlebih lagi, lanjut dia, Babel terus menggaungkan bahwa Geopark Belitung ini sudah dinyatakan Geopark oleh UNESCO. “Tentunya dengan kedatangan Petinggi TNI AU ini, nantinya secara tidak langsung akan mempromosikan daerah kita (Babel), dan itu yang menjadi harapan kita,” tegasnya.

Jadi, ditambahkan Gubernur, multyplayer efek dari suatu kegiatan di suatu tempat, termasuk latihan dari TNI AU di Belitung tersebut sangat besar. Ketika kita sebagai warga daerah, pemerintah daerah dan provinsi bisa mengkolaborasikan kegiatan-kegiatan ini maka jangan dianggap suatu hal yang kecil karena dari hal kecil inilah kita menjadi besar.

“Kami atas nama provinsi dan kabupaten Belitung dan Belitung Timur mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan TNI AU, Kemenhan yang telah menjadikan AWR Buding ini sebagai tempat latihan antar satuan di jajaran Koopsau I yang cukup besar. Mudah-mudahan latihan yang besar seperti ini sering diadakan di belitung ini,” ujarnya lagi.

Disampaikan juga oleh Erzaldi Rosman bahwa ada beberapa kegiatan yang ditunda karena Pandemi Covid-19 seperti Pendaratan ampibi dari Angkatan Laut dan Safety flight training dari Angkatan Udara yaitu latihan untuk keselamatan Pilot dan Crew di air yang akan dijadwalkan kembali.

Suharto selaku Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Babel juga menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan latihan oleh TNI AU di Belitung yang diharapkan akan memberikan efek positif untuk kunjungan wisatawan di masa yang akan datang.

Pihaknya juga akan terus mengawal dan menindaklanjuti apa-apa yang disampaikan Gubernur, termasuk Kejuaraan Menembak Grand Prix Indonesia Long Range yang dilaksanakan sehari sebelumnya di AWR Buding akan di usahakan menjadi agenda tahunan, dan akan dimasukkan kedalam kalender kepariwisataan di Babel.

Karena, menurut Suharto, Sport Tourism menjadi salah satu yang di usung oleh Pemprov Babel, dalam upaya menarik wisatawan baik domestic maupun asing untuk datang ke Babel. (rz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *