oleh

Lanal Babel Berhasil Evakuasi 20 Orang ABK Dari KIP CBL

BANGKA, BNBABEL COM — Danlanal Babel Kolonel Laut Dudi Kuswoyo di dampingi Dandempom Kpt Laut (PM) Asep Saepulloh dengan menggunakan kapal Pakamla pada hari Selasa, (13/7), pagi. Akhirnya berhasil mengevakuasi 20 orang Anak Buah Kapal ( ABK) Kapal Isap Produksi (KIP ) CBL yang diketahui sebelumnya telah tersandera dan tidak bisa turun dari kapal yang beroperasi di Laut Bedukang sejak Minggu, (11/7).

20 orang ABK ini dikhawatirkan kondisinya, karena situasi mencekam dan kerusakan parah yang dialami KIP CBL sejak disandera masyarakat, bahkan ransum dan alat masak telah di dibuang kelaut oleh masyarakat.

Kolonel laut Dudi Kuswoyo mengatakan pihaknya berhasil mengevakuasi para ABK setelah proses mediasi naik ke anjungan kapal. Dikatakan orang nomor satu di Jajaran TNI Al Babel ini, bahwa dirinya tidak mengalami masalah yang berarti sewaktu melakukan mediasi dan evakuasi.

” sebagai informasi kami telah berhasil naik, tatap muka dan pertemuan dengan orang – orang yang berada di atas KIP CBL tersebut. Saya menyampaikan kepada mereka ( masyarkat – Red) untuk turun bersama saya hari ini juga, namun mereka masih kekeh tidak mau turun sampai mereka ada kesepakatan dan bertemu dengan Kapolda, Gubernur dan Bupati baru mereka mau turun dari atas Kapal” Ujar Kolonel Laut Dudi Kuswoyo di Posmat AL Sungailiat.

Dalam pertemuan dengan kelompok masyarakat yang menyandera KIP CBL, Danlanal Babel sempat mengajak masyarakat untuk ikut turun namun ajakan tersebut ditolak.

Meskipun masih kekeh menduduki KIP CBl, masyarakat mempersilahkan para ABK untuk turun bersama Danlanal Babel.

” Lalu saya minta agar para ABK Kapal untuk turun bersama saya, dan disetujui oleh mereka ( masyarkat – red). Karena sebelumnya kita mempertimbangkan ramainya orang berkerumun dalam kondisi Covid – 19, tidak ada Prokes dan rawan penularan” Kata Danlanal Babel.

Danlanal menyampaikan dalam proses evakuasi bahwa pihaknya disambut baik oleh masyarakat yang menduduki Kapal.

” Atas permintaan Manager PT. TIMAH juga sebelumnya agar para ABK KIP CBL itu diturunkan dari kapal, lalu setelah tadi mediasi dan di setujui masyarakat, kami berhasil menurunkan 20 orang ABK ikut bersama kami. Itu tadi kami dengan Bakamla, saya sendiri dan Dandempom AL alhamdulilah tidak ada hambatan sama sekali. Mereka malah menyambut kita, menunggu kita, duduk bersama dan mengucapkan terima kasih” Jelas Orang nomor satu di jajaran TNI Babel ini.

Pihak masyarakat yang menyandera KIP CBl dalam proses mediasi sempat menyampaikan bahwa mereka akan turun ketika ditemui 3 Pimpinan Daerah dan menyepakati keinginan mereka.

” Kalau yang mereka sampaikan Ke saya mereka akan tetap disana ( Menduduki KIP CBl- Red) sampai mereka bertemu dengan 3 pimpinan daerah itu yakni Gubernur, Kapoda dan Bupati mengabulkan apa yang mereka inginkan” Kata Danlanal.

Dalam proses evakuasi ABK ini, Lanal Babel terus bersinergi dengan aparat kepolisian dalam rangka pengamanan KIP Bedukang.

” kita tadi melakukan tindakan tegas terukur tadi, karena kalau melampaui itu mereka juga masyarakat kita juga bukan sebagai musuh bangsa. Ini harapan saya agar permasalahan ini dapat diselesaikan dengan duduk bersama dengan PT. Timah, biar clear biar ketemu kesepakatan nya dan hal seperti ini tidak terjadi lagi” Jelas Danlanal.

” Dari pihak kepolisan juga tadi mensuport kita dan mengamankan situasi KIP ini agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Kita tadi sangat bersinergi dengan kepolisian Polres Bangka khususnya di pantai” kata Danlanal Babel.

Penulis : IR

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *