oleh

Lahan Kosong di Jalan Pulau Pelepas Terbakar, Sebaran Api di Tiga Titik

BANGKA TENGAH, BNBABEL.COM – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di sebuah lahan kosong di Jalan Pulau Pelepas Jalur 2 menuju Simpang 4 Desa Padang Baru, Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Sabtu (05/06/2021) sekitar pukul 14.35 WIB.

Informasi kebakaran hutan dan lahan tersebut diperoleh Regu Piket Pagi BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dari Kasi Kedaruratan BPBD melalui telepon selular.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Bangka Belitung Mikron Antariksa, di WhatsApp Grup Pusdalops BPBD Bangka Belitung, Sabtu (05/06/2021) sore, menyebut delapan orang personil Regu 2 menuju lokasi untuk menjinakkan api.

“Proses pemadaman diperbantukan personil dari Polsek Pangkalan Baru, Damkar Kota Pangkalpinang, Damkar Bangka Tengah serta masyarakat sekitar,” kata Mikron.

Tim gabungan kesulitan memadamkan api karena tidak ada akses masuk ke lokasi untuk mobil damkar. Apalagi sebaran api terjadi di beberapa titik, ditambah dengan angin yang bertiup kencang.

Selain menggunakan armada damkar, tim juga melakukan pemadaman secara manual.

Api baru berhasil dipadamkan oleh tim gabungan pada pukul 16.35 WIB.

Akibat kebakaran, luas lahan terdampak mencapai lebih kurang dua hektar. Sementara penyebab kejadian belum diketahui. Kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Arus lalu lintas di jalan tersebut terpantau lancar.

Kebakaran hutan dan lahan juga terjadi di Jalan Lintas Timur Kecamatan Merawang, Bangka, di sebuah lahan kosong dekat PLTU Air Anyir.

Hal itu diketahui dari laporan Kalakhar BPBD Bangka Belitung Mikron Antariksa yang sedang dalam perjalanan menuju Sungailiat.

Kebakaran diperkirakan terjadi pukul 16.15 WIB dan menghanguskan sekitar satu hektar lahan di kawasan itu. (ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *