oleh

Kurang dari 1 Jam, Karhutla di Pemakaman Umum Kemujan Dapat Dipadamkan

SUNGAILIAT, BNBABEL.COM – Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Kabupaten Bangka, sore ini terdapat kebakaran di wilayah Pemakaman Umum Kemujan, Sungailiat, Bangka, Selasa (9/3/2021).

Kepala Satpol-PP Kabupaten Bangka, Kusyono Aditama SH mengungkapkan jika pihaknya mendapatkan laporan adanya kebakaran pada pukul 18:38 wib. Menurut keterangan yang didapat, luas lahan yang terbakar mencapai kurang lebih setengah hektar.

“Setelah mendapatkan laporan dari anggota BPBD tersebut, kami langsung menurunkan anggota regu satu piket pemadam kebakaran untuk melakukan tindakan secepatnya di tempat kejadian,” ujarnya.

Setelah melakukan pemadaman api dengan menggunakan satu unit mobil blanwire, kebakaran hutan dapat dipadamkan pada pukul 19:10 wib. Kemudian lanjut Kusyono Aditama, selama bulan Maret saja untuk di Kabupaten Bangka sudah terjadi kebakaran hutan dan lahan sebanyak 8 kali.

“Dengan adanya tingkat kerawanan yang cukup akan terjadinya kebakaran hutan maupun lahan, saya menghimbau kepada masyarakat agar memiliki kesadaran yang tinggi untuk sama-sama menjaga lingkungan termasuk hutan dengan cara tidak melakukan pembakaran sembarangan apalagi ada unsur kesengajaan. Apabila kedapatan dengan sengaja melakukan pembakaran maka akan dilaporkan kepada pihak yang berwajib, untuk diberikan sanksi sesuai dengan hukum yang berlaku,” tandasnya.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *