oleh

Kuliah Kebangsaan di Unmuh Babel, Irjen Pol Anang Hidayat Singgung Penguatan Identitas Bangsa

BANGKA TENGAH, BNBABEL.COM – Kapolda Irjen Pol Drs Anang Syarif Hidayat memberikan Kuliah Kebangsaan kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Selasa (08/06/2021).

Anang menegaskan setiap generasi harus memiliki wawasan kebangsaan dan semangat nasionalisme, melalui sebuah sikap atau pemahaman individu, kelompok dan masyarakat sebagai suatu bangsa yang memiliki keselarasan dan budaya.

Sejumlah narasumber memberikan Kuliah Kebangsaan di Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung.

“Bangsa ini memiliki generasi yang berkeunggulan, adalah sebuah generasi yang memiliki kepribadian berkarakter dan berkemampuan optimal dan maksimal,” kata Anang.

Keberadaan generasi tersebut, kata dia, didukung dengan potensi penguasaan teknologi dan industri. Diantaranya semakin banyaknya generasi muda saat ini yang dominan menjadi pengguna gadget.

Perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi harus diimbangi dengan kemampuan maupun kualitas sumberdaya generasi saat ini dan berikutnya.

Bagi generasi Z sebagai penerus generasi milenial, sebut Anang, harus mampu beradaptasi dan memanfaatkan trend kekinian yang tumbuh dengan teknologi, internet dan sosial media.

“Generasi ini lahir dan berkembang di era revolusi industri 4.0 teknologi digital, menjadikan generasi Z sebagai pecandu teknologi dan cenderung anti-sosial,” jelasnya.

Di tengah kondisi tersebut, Kapolda Anang Hidayat berharap para mahasiswa berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, berperilaku santun dan taat aturan dalam menyampaikan pendapat dan aspirasi, berintegritas tinggi dan tetap konsisten.

Tak hanya itu, kata Anang, mahasiswa harus mampu melihat sebuah persoalan secara jernih dari berbagai aspek serta mencari sumber yang valid dan berkompeten.

“Memandang suatu permasalahan tidak hanya dari satu sisi saja, jangan menilai seseorang dari pandangan pertama, maka harus bisa melakukan check and recheck again dengan sumber yang jelas dan dapat dipercaya, saring sebelum sharing,” pungkasnya.

Sejalan dengan itu, ia berpesan agar kaum muda turut serta menguatkan identitas bangsa dan mengharumkannya melalui prestasi.

Giat kuliah kebangsaan yang dihadiri Rektor Unmuh Bangka Belitung Fadillah Sobri, Danrem 045/Gaya Brigjen Jangkung Widyanto, dan sejumlah tamu lainnya, diharapkan membawa dampak positif bagi mahasiswa.

Sementara itu, Rektor Unmuh Bangka Belitung Fadillah Sobri ST menyampaikan pentingnya hidup berkebangsaan didasari Undang-Undang dan ideologi Pancasila, mempersatukan Indonesia sebagai bangsa yang besar.

Kuliah kebangsaan ini mengangkat tema “Implementasi Wawasan Kebangsaan dan Semangat Nasionalisme Untuk Generasi Z yang Berkeunggulan”.

Selain Kapolda Bangka Belitung Anang Hidayat, sejumlah narasumber lainnya turut menyampaikan materi, termasuk Danrem 045/Gaya Jangkung Widyanto. (ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *