oleh

Kodim 0413/ Bangka Terus Aktif Bantu Penanganan Bencana Covid – 19, Sampai Membantu Prosesi Pemakaman Jenazah

” 1 Anggota kami Meninggal Dunia dan Satunya Cedera Patah”

Pangkal Pinang, BNBABEL.COM– (10/4), Bencana Penularan dan inveksi virus disese Covid – 19 memang seakan tiada henti. Pemerintah Republik Indonesia ( RI) telah menetapkan wabah Covid – 19 berstatus sebagai bencana Dunia dan Nasional, Bencana non alam ini dilakukan pencegahan dan penanganan oleh pemerintah RI melalui pembentukan Satuan Tugas ( Satgas) Covid – 19 dari tingkat Nasional, Provinsi, Kabupaten bahkan sampai ke tingkat Desa.

Di Pulau Bangka, Satgas Covid – 19 pun terus melaksanakan tugasnya, adapun di ketahui bahwa Satuan keamanan Negara dari unsur TNI / Polri turut tergabung dalam Satgas Covid – 19.

Dandim 0413/Bangka, Kolonel Inf. Pujud Sudarmanto, ketika dikunjungi awak media usai rutinitas olahraga dan bincang – bincang bersama anggotanya di Markas Komando Distrik Militer ( Makodim), Pangkal Pinang, memberikan komentar terhadap anggotanya dalam melakukan penanganan dan perbantuan tugas Covid – 19 di Pulau Bangka selama ini.

Disampaikan orang nomor satu di Makodim/ 0413 Bangka ini, bahwa pihaknya terus melakukan tugas dari pimpinan sedari mulai wabah Covid 19 menyebar di Indonesia.

” Mulai pertama kali Covid 19 itu mewabah, kami TNI mendapatkan perintah pimpinan, Bahwa TNI harus aktif sebagai penyuluh dalam penegakan & pematuhan protokol Covid 19. Baik penggunaan masker ataupun himbauan pelaksanaan 3 M, agar masyarakat mematuhi dan disiplin ” Ungkapnya.

Kolonel Inf. Pujud Sudarmanto pun dalam kesempatan ini membagikan cerita dirinya bersama anggota ketika melaksanakan tugas bersama Satgas Covid 19. Waktu itu Kodim 0413 membantu mediasi dan pemakaman mendadak salah satu pengidap Covid- 19 yang telah meninggal dunia di Bangka Selatan.

” Beriring berjalan waktu, Covid – 19 telah menelan korban jiwa. kami diperintahkan agar seluruh personil dan jajaran TNI di Bangka Belitung agar membantu Satgas penanganan Covid – 19 di seluruh wilayah tugas bahkan sampai ke prosesi pemakaman” ujar Kolenel Inf. Pujud Sudarmanto.

Ketika usai pelaksanaan tugas pemakaman jenazah, anggota Kodim 0413 yang pulang pada pagi hari dalam kondisi kelelahan, tidak disangka mendapatkan musibah kecelakaan yang menyebabkan 2 personil meninggal dunia dan 1 lagi mengalami cidera patah tulang.

” Beberapa waktu lalu di Air Gegas Bangka Selatan Kira kira jam 2 pagi, terjadi pasien Covid – 19 yang meninggal dunia dan harus dimakamkan dengan prosedur. Sedangkan terjadi penolakan karena menganggap almarhum meninggal bukan karena Covid. Berangkatlah kami dengan pihak kepolisian untuk memediasi dan menjelaskan bahwa pemakaman harus sesuai protokol. Alhamdulilah akhirnya masyarakat bisa menerima almarhum dimakamkan dengan protokol kesehatan, pagi itu setelah pemakaman selesai pulanglah anggota, tiba – tiba diperjalanan anggota kami mendapatkan musibah. Ada mobil angkutan yang negebut lalu terjadi tabrakan, 1 anggota kami meninggal dunia dan satunya cedera patah. meskipun begitu, inilah wujud kerja kami dan kehadiran kami dalam penanganan bencana Covid – 19″ Ungkap Kolonel Inf. Pujud Sudarmanto.

Berdasarkan kejadian naas tersebut, dan pentingnya masyarakat menyadari pentingnya kerjasama dengan petugas, Dandim 0413 berharap masyarakat tidak menganggap sepele virus Covid – 19. Selain itu dirinya juga berharap agar masyarakat dapat menerima vaksinasi sebagai bentuk pencegahan inveksi virus.

” Maka kami himbau kepada masyarakat, manakala ada anggota keluarganya yang meninggal karena Covid – 19. laksanakan lah protokol kesehatan dengan baik. Jangan anggap sepele karena korban sudah banyak di Bangka Belitung ini” ujarnya.

” Selain itu tetap laksanakan protokol kesehatan dengan baik sehingga kita bisa terhindar dari penularan. vaksin yang telah dilaksanakan pemerintah tolong bisa diterima. Alhamdulilah saya dan anggota juga sudah di vaksin. Alhamdulillah saya aman dan tidak terjadi hal – hal aneh setelah di vaksin” Harap Dandim 0413 / Bangka.

Kolonel Inf. Pujud Sudarmanto diakhir wewancaranya menyampaikan pesan agar seluruh anggota di wilayah tugas Kodim 0413 agar tetap semangat dan mematuhi protokol kesehatan serta tidak lupa menyertakan yang maha kuasa.

” pesan saya kepada anggota TNI di wilayah tugas agar tetap semangat dan jaga kesehatan, rajin – rajin kita berolahraga yang paling utama protokol kesehatan harus kita laksanakan. dan yang paling utama ingat dan berdoa kepada yang maha kuasa, karena bagaimana pun maunya atau kuatnya kita kalau tanpa memohon kepada yang maha kuasa tidak ada apa – apanya” Pesan Dandim Bangka.

Dandim 0413/ Bangka juga mengucapkan terima kasih kepada Masyarakat Bangka yang telah menerima kehadiran anggota TNI ketika melaksanakan tugas. Dirinya optimis bersama masyarakat akan bisa menyelesaikan Pandemi Covid – 19.

” Yang jelas terakhir, saya berterima kasih kepada masyarakat Bangka karena telah menerima keberadaan kami, kita bersama – sama kita menyelesaikan Pandemi Covid ini” Tutup Kolonel Inf, Pujud Sudarmanto.

PENULIS : IR

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *