oleh

KM Gunsa 8 Terbakar, Kapolres Bangka Barat: Semua Penumpang dan ABK Selamat

MUNTOK, BNBABEL.COM – Kapal penumpang KM Gunsa 8 yang lepas jangkar dari Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat menuju Tanjung Api-api, Sumatera Selatan mengalami kebakaran pada mesin, Senin (12/07/2021) sore.

Sebanyak 83 orang penumpang dan 19 ABK dievakuasi dan dibawa kembali ke Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, sekitar pukul 18.45 WIB.

Kapolres Bangka Barat, AKBP Agus Siswanto SH SIK MH memastikan baik penumpang maupun awak kapal dalam keadaan selamat dan sudah dilakukan evakuasi. Mereka diinapkan di Muntok pada Senin malam.

“Telah didata, dicek kesehatannya, tidak ada yang sakit tidak ada korban. Petugas mengkoordinir semua kebutuhan mereka,” kata AKBP Agus Siswanto, melalui keterangan Humas Polres Bangka Barat, Selasa (13/07/2021).

Ia mengungkapkan penyebab kebakaran dan kerugian pada insiden tersebut masih diselidiki lebih lanjut.

Ditambahkannya, selain proses evakuasi oleh KM Mutis, sejumlah tugboat ikut membantu pemadaman api. Sebab itu pihaknya masih terus melakukan koordinasi.

Informasi dari nahkoda kapal menyebutkan bahwa KM Gunsa 8 bertolak dari Pelabuhan Tanjung Kalian pada pukul 14.00 WIB. Namun di tengah laut, diperkirakan di Perairan Selat Bangka, mengalami insiden kebakaran, yang berpusat di ruang kontrol bagian mesin. Diduga percikan api dipicu oleh sistem kelistrikan.

“Kebakaran terpusat di engine, jadi tidak merambat ke tempat lain dan cepat dipadamkan. Tidak ada ledakan, tiba-tiba ada percikan api,” ungkap nahkoda.

Selain membawa penumpang sebanyak setengah dari kapasitas, kapal tersebut diketahui juga membawa kendaraan.

Pihaknya belum bisa memastikan kerusakan maupun jumlah kerugian yang dialami.

Sementara salah seorang penumpang kapal mengungkapkan peristiwa kebakaran terjadi secara tiba-tiba. Ia bersama rombongan 10 orang asal Lampung, terkejut mengetahui hal itu dari penumpang lainnya.

Dirinya mengaku bersyukur selamat dari kebakaran tersebut dan bisa dievakuasi oleh kapal penumpang lainnya. (ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *