oleh

Kini Pulau Bangka Sering Terjadi Giliran Mati Listrik, Inaker Babel Minta PLN Bertanggungjawab

BANGKA, BNBABEL.COM — Sepekan ini Perusahaan Litrik Negara (PLN) Cabang Bangka melakukan pemadaman aliran listrik di Wilayah Bangka. Hampir seluruh daerah di Pulau Bangka terkena giliran pemadaman aliran listrik.

Kondisi ini membuat sebagian warga merasa tak nyaman, karena adanya pemadaman aliran listrik di wilayah mereka. Pasalnya, sudah lama PLN tidak melakukan pemadaman bergilir ini, tiba-tiba di bulan Oktober 2021 ini, warga menerima jatah giliran pemadaman aliran listrik.

Menyikapi fenomena yang tejadi di tengah masyarakat terkait pemadaman bergilir aliran listrik ini, Ketua Indonesia Bekerja (Inaker) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Aboul A’la Almaududi SH, menyatakan perlu adanya sosialisasi yang masif yang harus dilakukan oleh PLN Cabang Bangka atau Wilayah Bangka Belitung.

Pasalnya, kata Aboul, hingga kini masih banyak masyarakat yang tidak tahu penyebab mengapa mereka harus menerima jatah pemadaman aliran listrik.
“Inaker berharap PLN bertanggungjawab penuh terhadap seringnya pemadaman arus listrik belakangan ini.

Kami melihat dan mengamati PLN belum melaksanakan sosiliasisi dan komunikasi terhadap masyarakat secara masif, sehingga masih banyak masyarakat yang bertanya apa yang terjadi dengan PLN Cabang Bangka,” ujar Aboul.

Terkait kondisi ini, kata Aboul, Inaker Babel mendesak PLN Babel untuk melakukan percepatan perbaikan agar pemadaman arus listrik ini tidak berlarut-larut.
Inaker juga mendesak PLN Babel untuk memberikan kepastian deadline kapan pemadaman arus listrik ini bisa segera dinormalkan kembali.

“Kami juga meminta PLN untuk memberikan kompensasi yang jelas, ril, pasti dan terukur untuk masyarakat, baik yang memiliki usaha ataupun Rumah Tangga biasa yang terkena imbas akibat seringnya pemadaman arus listrik ini,” ujar Aboul.

Selain itu, kata Aboul, Inaker Babel juga meminta PLN Babel untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan publik akibat seringnya pemadaman arus listrik belakangan ini.

“Usul kami, PLN harus membangun komunikasi yang masif kepada masyarakat terkait persoalan ini, agar masyarakat bisa paham dan tidak memiliki asumsi masing-masing,” tukasnya.

Dibeberapa grup WA, ada informasi yang tersebar terkait pemadaman berglir aliran listrik di Pulau Bangka. Informasi ini disebut-sebut bersumber dari pihak PLN.
Berikut isi informasi yang menyebar di grup-grup WA tersebut:

Pelanggan PLN yang kami sayangi, seperti yang sudah kami informasikan sebelumnya, bahwa saat ini beberapa daerah di pulau Bangka dan sekitarnya dilakukan manajemen beban akibat adanya gangguan di salah satu unit pembangkit di komplek pembangkitan Air Anyir.
Saat ini petugas sedang berupaya maksimal untuk memperbaiki gangguan tersebut.

Kami kerahkan 198 petugas dan mendatangkan tim expert untuk mempercepat pemulihan gangguan
Diperkirakan kondisi ini akan berlangsung hingga dua hari ke depan. Penormalan akan dilakukan secara bertahap, dan diharapkan pada Sabtu, sistem dapat kembali normal.

Mohon maaf atas ketidaknyamananya, dan mohon dukungan doa agar petugas dapat menjalankan tugas dengan selamat sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. (BN11)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *