oleh

Ketua Pengkot Perbakin Kota Pangkalpinang Bangga ikut Sertifikasi IPSC di Babel

PANGKALPINANG-Sebanyak 25 peserta yang berasal dari sipil, TNI dan Polri mengikuti Sertifikasi International Practical Shooting Confederation (IPSC) Tembak Reaksi Angkatan 170 yang digelar Pengprov Perbakin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada tanggal 5 dan 6 Desember 2020 berjalan dengan sukses. Pada kegiatan itu, para peserta diharuskan melewati serangkaian ujian dan tes ketrampilan menembak untuk bisa lulus sertifikasi.

Kegiatan Sertifikasi IPSC Tembak Reaksi dibagi menjadi 2 bagian. Pada hari pertama (5/012) dilakukan penataran atau pembekalan materi tentang olahraga menembak bidang Tembak Reaksi yang dilanjutkan dengan ujian teori di Graha Timah, Pangkalpinang. Kemudian pada hari kedua (6/12), peserta melakukan ujian ketrampilan menembak sebagai ujian terakhir di Lapangan Tembak Perbakin Babel.

Ketua pengkot Perbakin kota Pangkalpinang didampingi Bendum
Hadidi Penguji didampingi Sekum Perbakin Babel
Peserta sertifikasi IPSC

Salah satu peserta sedang diuji
Antusiasme Peserta sangat tinggi

Haddidi selaku pemandu dan penguji ujian sertifikasi mengungkapkan kepada BN Babel, Sertifikasi IPSC ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan calon atlet tentang olahraga menembak bidang Tembak Reaksi.

Dirinya menyampaikan, pembekalan materi secara teori dan praktek langsung di lapangan ini menjadi modal besar bagi para peserta, banyak ilmu dan pengetahuan besar teknik menembak yang dapat dipetik dari kegiatan ini. Selain pengetahuan tentang teknik menembak yang baik dan benar, juga pengetahuan tentang pentingnya faktor keamanan cara menembak yang aman baik bagi dirinya maupun orang lain yang ada di sekitarnya.

Oleh karena itu, Hadidi berharap kegiatan Sertifikasi IPSC ini nantinya akan muncul atlet Tembak Reaksi dari Babel yang handal sehingga bisa mewakili Babel di Pekan Olahraga Nasional (PON) mendatang. ‘’Bagi peserta yang lulus, tugas kalian belum selesai, giat terus berlatih, ujian semakin berat kedepan yaitu untuk mengikuti Kejurnas yang akan datang.’’ tambahnya.

Senada dengan Hadidi, Sekretaris Umum (Sekum) Perbakin Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Firman usai kegiatan mengatakan kegiatan Sertifikasi IPSC Angkatan 170 berjalan dengan sukses dan diharapkan nantinya dapat melahirkan atlet tembak yang bisa membanggakan Bangka Belitung.

‘’Kedepan Perbakin Babel akan terus mencetak atlet-atlet yang berkwalitas guna mempersiapkan Babel untuk mengikuti even nasional dan internasional.’’ kata Firman.

Sementara itu, menurut peserta Sertifikasi IPSC Angkatan 170 kepada BN Babel sekaligus Ketua Perbakin Kota Pangkalpinang, Adystia Sunggara menyebutkan dirinya bangga mengikuti kegiatan Sertifikasi IPSC yang pertama kali dilaksanakan di Babel. ‘’Saya bangga mengikuti kegiatan ini, dengan teori, pelatihan dan sekaligus ujian guna mengasah skill kita dalam olahraga menembak.’’

Kedepan bagi peserta yang lulus dirinya berpesan untuk wajib mengikuti perlombaan dimulai level 1 hingga level berikutnya, karena kalau sudah mendapat Sertifikasi IPSC Tembak Reaksi harus mengikuti aturan.

‘’Ada kewajiban dalam satu tahun kalau tidak mengikuti minimal dua kali level dua maka untuk memperpanjang kartu Sertifikasi tidak mendapat rekom, jadi harus wajib ikut lomba. Minggu depan sudah ada Kejurnas menembak Piala Gubernur, mari tunjukkan kemampuan kita untuk bersaing dengan atlet dari luar Babel’’ Ujarnya. (reza)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *