oleh

Ketua HAKLI Bangka, Boy Yandra : Selama Tiga Bulan Terakhir Kasus DBD Alami Peningkatan

BANGKA, BNBABEL.COM – Selama tiga bulan terakhir kasus demam berdarah dengue mengalami peningkatan di Kabupaten Bangka. Hal ini disampaikan oleh Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Indonesia Kabupaten Bangka, Boy Yandra SKM MPH, Jum’at (3/12/2021).

“Dimana dimulai bulan September, Oktober dan November terjadi peningkatan kasus yang sangat signifikan. Yang mana hingga akhir bulan November saja jumlah kasus DBD sudah mencapai diangka 132 orang,” terangnya.

Upaya yang pihaknya lakukan bersama dengan dinas kesehatan adalah melakukan penyuluhan dibeberapa tempat, selanjutnya seketika terdapat kasus baru maka dilakukan tindakan penyelidikan epidemiologi ke rumah pasien yang bersangkutan. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan 10 sampai 20 rumah sekitar pasien yang dianggap sebagai sarang dari nyamuk.

Jika terapat anak dibawah lima tahun yang terindikasi positif DBD dengan gejala panas maka daerah itu akan dilakukan fogging. Namun, fogging tersebut hanya diperuntukkan untuk nyamuk dewasa saja, sedangkan untuk membasmi jentik harus menggunakan abate.

“Inilah upaya yang harus kita lakukan untuk menuntaskan dan memutuskan mata rantai penyebaran penyakit DBD. Saya himbau kepada masyarakat untuk membersihkan lingkungan rumah dan sekitarnya,” tegasnya.

Ia menyebutkan bahwa telah bekerjasama dengan dinas kesehatan, puskesmas turut membantu bersinergi dalam melakukan sosialisasi di posyandu dan sekaligus membagikan abate. Boy Yandra katakan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan abate gratis dapat mendatangi ke puskesmas terdekat.

“Marilah lakukan 5 M yaitu menguras, menimbun, menutup penampungan air, menggunakan kelambu dan menggunakan repelan. Jika kita melakukan 5 M tersebut, mudah mudahan terhindar dari penyakit DBD,” tutupnya.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *