oleh

Kedatangan Tim Penilai dari Provinsi, UP2K Lantana Kelurahan Sinar Jaya-Jelutung Kenalkan Tiga Produk Unggulannya

Sungailiat, BNBABEL — Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Lantana Kelurahan Sinar Jaya-Jelutung menyambut kedatangan Tim Penilai UP2K Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung dalam rangka penilaian usaha dan peningkatan kesejahteraan keluarga, yang bertempat di kantor UP2K Kelurahan Sinar Jaya-Jelutung, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, pada Senin (22/03) pagi.

Acara yang berlangsung khidmat dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19 itu dihadiri oleh jajaran UP2K kabupaten Bangka dan Kecamatan Sungailiat, Camat Sungailiat, Lurah Sinar Jaya-Jelutung, dan segenap aparatur kelurahan setempat seperti Bhabinkamtibnas dan Babinsa.

Dalam sambutan acara itu pun, ibu-ibu Anggota UP2K Lantana Kelurahan Sinar Jaya-Jelutung turut memangsangkan kain cuken yang diikat ke setiap pinggang tim penilai yang datang.

 

Wulandari selaku Ketua UP2K Lantana Kelurahan Sinar Jaya-Jelutung dalam presentasinya turut mengenalkan profil masyarakat dan kondisi geografi kelurahan setempat, termasuk ragam usaha yang sedang digiatkan atau dikembangkan oleh kelompoknya di hadapan tim penilai.

Diketahui kalau UP2K Lantana ini sendiri telah mendapatkan pembinaan dari lintas lembaga pemerintah dan UP2K Kabupaten Bangka, yang selanjutnya terus dilakukan pembelajaran agar usaha masyarakat dan keluarga dapat terus ditingkatkan.

”Kami belajar dan terus diasah oleh UP2K kabupaten Bangka. Semoga kami dan kita semua terus mendapatkan keberkahan. Melalui UP2K kita tingkatkan motivasi masyarakat dalam mengelola dan menumbuh-kembangkan usaha ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga,” papar Wulan bersemangat.

Diperkenalkan juga tiga jenis produk unggulan yang telah tersedia di UP2K Lantana, yaitu pengolahan makanan basah bernama Lantana Food; pengemasan makanan kering berbagi rasa dengan harga terjangkau bernama Lantana Snack; dan produk kain cuken atau kain telesan sebagai kain tradisional dengan desain modern ala pantai.

”Kain cuken atau telesan menjadi brand kain pantai kami sebagai wujud inovasi dan alhamdulillah telah diapresiasi sekali oleh Ketua TP2K Kabupaten Bangka. Kami bercerita tentang apa yang kami lakukan. Kami mengolah makanan basah pantiau beras merah, lempah kuning untuk Lantana Food, mmpiang getas, kempelang aneka rasa belacan lempah kuning. Ada [juga] opak untuk Lantana Snack,” jelasnya.

Untuk memasarkan ketiga produk unggulannya, pihak UP2K Lantana Kelurahan Sinar Jaya-Jelutung telah menandatangani perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding ( MOU) dengan pihak pengelola Galeri Rafika Duri Kabupaten Bangka, dengan disaksikan oleh Tim Penilai UP2K Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, masyarakat serta aparatur pemerintahan setempat.

Sementara itu Kepala Lingkungan Sinar Jaya, Sopian, saat diwawancarai secara terpisah mengatakan dirinya terus mengingatkan dan mendorong warganya untuk terus melakukan inovasi usaha guna meningkatkan kompetisi di era modern saat ini.

”UP2K Kelurahan kita sangat luar bias, pak. Pak lurah sama ibu lurah terus bina, dan saya pun terus berkomunikasi sama masyarakat saya biar terus inovasi di era 4.0. Ini kompetisinya luar biasa tiap usaha dan saya yakin masyarakat saya siap dengan cara bergotong-royong, terutama dalam sharing pengetahuan,” ungkap Sopian menjelaskan capaian usaha warganya.

Turut pula dipamerkan dalam acara berbagai jenis tanaman hias bonsai yang menjadi ikon kelompok UP2K Lantana Kelurahan Sinar Jaya-Jelutung.

 

Jurnalis: Ikrar

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *