oleh

Kapolda Anang Hidayat Safari Jum’at di Masjid At Taqwa Air Mesu

PANGKALPINANG, BNBABEL.COM – Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, melaksanakan Safari Jumat di Masjid Jami At-Taqwa Desa Air Mesu, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (16/07/2021).

Kehadiran Kapolda Anang didampingi Dir Binmas Kombes Pol Rudi Hermanto, Kabid Humas Kombes Pol Maladi, Kapolres Pangkalpinang AKBP Tris Lesmana Zeviansyah, serta GM PLN Bangka Belitung Amris Adnan.

Dalam Safari Jum’at itu, Kapolda Babel bersama GM PLN Babel, membagikan masker dan hand sanitizer kepada para jamaah dan pengurus masjid.

Pembagian juga melibatkan Bhabinkamtibmas setempat di pintu masuk masjid. Sebanyak 700 pcs masker dibagikan langsung kepada jamaah yang tidak menggunakan masker.

Kapolda mengungkapkan bahwa penggunaan masker dan mencuci tangan dengan sabun maupun sanitizer merupakan bagian dari protokol kesehatan (prokes), guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Sebab itu ia mengingatkan para jamaah untuk lebih menjaga diri selama pandemi dengan menerapkan prokes, terutama di tempat-tempat kerumunan yang berpotensi bagi penyebaran dan penularan Covid-19.

“Kita ketahui bahwa Covid-19 di Bangka Belitung mengalami peningkatan, dan perlu kita waspadai di tempat-tempat kerumunan, agar para jamaah bisa menjaga diri dan selalu ingat bahwa Covid belum berakhir,” kata Anang.

Kapolda juga menyampaikan apresiasi kepada pengurus dan jamaah Masjid Jami At-Taqwa yang menerapkan prokes dalam pelaksanaan ibadah.

Polda Babel dan jajaran, kata Anang, akan terus memanfaatkan giat Safari Jum’at untuk menyampaikan penerapan prokes bagi jamaah dan pengurus masjid.

Dalam kesempatan itu, kapolda juga meminta masyarakat secara ketat menerapkan prokes pada pelaksanaan sholat Idul Adha bagi daerah dengan zona oranye dan hijau. Sedangkan pada zona merah dianjurkan untuk meniadakan sholat Ied di masjid atau lapangan dengan jumlah jamaah yang banyak.

“Demikian juga saat penyembelihan hewan kurban dilakukan di tempat pemotongan hewan. Nanti dagingnya dibagikan dengan diantar, bukan mengumpulkan masyarakat,” jelas Kapolda Anang.

Dengan demikian, kata dia, masyarakat yang akan mengambil daging korban tidak berbondong-bondong mendatangi lokasi penyembelihan. Melainkan diantar langsung secara door to door ke rumah-rumah warga.

Pesan Kamtibmas
Sementara itu, dari wilayah Polres Bangka Barat dikabarkan Kapolres AKBP Agus Siswanto melaksanakan Safari Jum’at di Masjid Masjid Jami’ Muntok.

Dalam giat itu, disampaikan pesan kamtibmas dan ajakan agar masyarakat mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Corona, dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Dengan memberikan himbauan kepada masyarakat setiap saat, diharapkan masyarakat semakin sadar dan membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Corona,” ujar Agus Siswanto.

Dalam kesempatan itu Kapolres Bangka Barat juga memberikan pesan-pesan kamtibmas kepada jamaah, termasuk mengenai bahaya radikalisme, intoleransi dan anti Pancasila. (ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *