oleh

Kakanwil Kemenag Babel, Tumiran Ganefo : Balai Manasik Haji Sungailiat Masih Butuh Miniatur Haji

BANGKA, BNBABEL.COM – Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Babel, Tumiran Ganefo saat menghadiri peresmian Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Sungailiat mengatakan rasa jika gedung tersebut atas dibangunnya gedung KUA di Kecamatan Sungailiat. Pasalnya gedung tersebut tidak hanya digunakan untuk menikahkan saja tetapi lebih daripada itu.

Menurut penjelasan Tumiran Ganefo, jika pemerintah telah mengembangkan tugas pokok dan fungsi KUA yaitu sebagai sarana manasik haji. Tentunya jika dipergunakan juga sebagai manasik haji harus memerlukan sarana yang lebih luas lagi.

“Tetapi dari sinilah mulai calon-calon jemaah haji sudah bisa mulai diperkenalkan ditempat ini. Namun kalau harus sampai ke praktek hajinya tentu harus ada miniatur untuk kegiatan haji seperti kabah dan sebagainya. KUA nantinya untuk seluruh lini lintas pekerjaan kementerian,” tegasnya, Selasa (26/10/2021).

Lebih lanjut ia katakan tugas dan pokok fungsi KUA yaitu pelayanan haji dan nikah ini sama dengan Kemenag. Maka dari itu, dia sebutkan pemerintah memberikan pelayanan terhadap masyarakat melalui revitalisasi KUA.

“Dan kami bisa melakukan kerjasama dengan Bupati ataupun ikatan persaudaraan haji untuk memiliki miniatur manasik haji di sini. Namun yang terpenting adalah darin KUA ini calon jamaah haji sudah mendapatkan pemahaman yang terlebih dahulu, dan untuk lebih memantapkan harus dibawa ke situasi yang sesungguhnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Bangka Saiful Zohri menyebutkan bahwa pihaknya telah membuat Balai Nikah dan Manasik Haji di dua kecamatan lainnya seperti di Puding Besar dan Belinyu.

“Mudah mudahan dengan lokasi yang sangat representatif dan ruangan balai yang nyaman dapat memberikan kenyamanan lebih dibandingkan balai yang sebelumnya. Dan kami kedepannya sedang merencanakan untuk membuat di Kecamatan Mendoakan Barat, tapi masih ada beberapa kendala yang kami hadapi,” paparnya.

Pihaknya juga merencanakan untuk di setiap kecamatan nantinya memiliki balai nikah dan manasik haji. Ia menyebutkan untuk kantor KUA lama kecamatan Sungailiat akan dipergunakan oleh FKUB dan penyuluh agama.

“Nanti gedung ini akan diresmikan serentak pada bulan Februari 2022 dengan beberapa kantor lainnya oleh Kementerian Agama. Saat ini masih ada beberapa kantor yang belum selesai dibuat, jadi kita harus menunggu,” tutupnya.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *