Jaga Cuaca Even Triathlon, Penyelenggara Sebut Tidak Pakai Jasa Pawang Meski Hujan Badai

by admin
1 minutes read

BANGKA, BNBABEL.COM — Musim pancaroba yang selalu berubah setiap waktu, menjadikan kekhawatiran bagi penyelenggara even Triathlon 2024 di Kawasan Tanjung Pesona Sungailiat pada Sabtu (13/5) mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wira Madonna mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi klimatologi Geofisika (BMKG) Pangkal Pinang untuk melihat perkiraan cuaca pada hari H nanti.

“Koordinasi dengan BMKG sampai acara nanti. Diperkirakan kondisi cuaca kondusif. Tapi kalau memang tidak sesuai dengan perkiraan, acara akan terus dilanjutkan hari itu juga,” kata Rismy.

Rismy berkata Disparbud Kabupaten Bangka tidak melibatkan pawang hujan dalam even ini, karena menurutnya acuan perkiraan cuaca, penyelenggara tetap pada prediksi BMKG.

“Walaupun hujan badai tetep dilanjutkan. Tapi mudah-mudahan aman lah. Gak ada pakai pawang hujan,” katanya.

Kurniaji, Koordinator Data dan Informasi BMKG Pangkal Pinang mengatakan biasanya jasa para pawang hujan ini juga melakukan perkiraan berdasarkan analisa BMKG.

Namun pada saat musim pancaroba kondisi cuaca memang kerab berubah ubah.

“Sebelum beraktifitas mereka (pawang hujan) ini juga melihat dulu perkiraan. Kalau hujan mereka akan bulan hujan. Kalau panas mereka bilang panas. Kadang smartphone juga berpengaruh memberikan informasi. Ini diakui Mbak Rara juga kan kemaren dalam even Moto GP,” kata Kurniaji. (Julian/Rd)

You may also like

Leave a Comment