back to top
26.2 C
Pangkalpinang
BerandaNewsIPO Shein Seharusnya Menjadi Investasi yang Mudah, Namun Kehati-hatian Tetap Diutamakan

IPO Shein Seharusnya Menjadi Investasi yang Mudah, Namun Kehati-hatian Tetap Diutamakan

Pendiri merek super Gen Z, Shein, pasti bertanya-tanya apakah perusahaannya akan mampu mengambil terobosan dalam sinetron lama yang merupakan IPO yang sangat dibanggakan oleh pengecer fesyen tersebut.

Sekilas, berinvestasi pada Shein bukanlah hal yang sulit. Namun, namun…

Shein menghasilkan pendapatan sekitar $32,5 miliar pada tahun 2023, meningkat 43% dari $22,7 miliar yang dihasilkan pada tahun 2022. Shein memiliki sekitar 88,8 juta pembeli aktif, 17,3 juta di antaranya berbasis di AS dan aplikasi Shein diunduh 238 juta kali pada tahun 2023. 2023, menjadikannya aplikasi mode yang paling banyak diunduh pada tahun itu

Angka tersebut di luar skala yang diperkirakan dan potensi nilai IPO-nya bisa mencapai $65 miliar baik itu dilakukan di London atau New York.

Namun IPO ini dirundung pertanyaan mengenai praktik keberlanjutan dan tata kelola Shein. Akibatnya, perusahaan tersebut dalam beberapa minggu terakhir mulai condong ke arah IPO di London Stock Exchange (LSE) setelah berulang kali menghadapi hambatan terkait rencana awalnya untuk mencatatkan sahamnya di bursa efek. di New York.

Dua partai politik utama Inggris, Partai Buruh dan Konservatif, sedang bersaing dalam pemilihan umum yang akan mencapai puncaknya pada tanggal 4 Juli, namun keduanya telah mendekati Shein sehingga saat ini hanya ada sedikit hambatan politik yang terlihat jelas di pasar Inggris yang sangat membutuhkan berita baik untuk LSE yang terkepung.

Pertanyaan FTSE 100 Shein

Shein telah mempersiapkan pengajuan rahasia untuk IPO di London, yang mengindikasikan adanya pergerakan ke arah penggunaan platform tersebut di Inggris meskipun hal tersebut tidak bersifat definitif atau mengikat, meskipun hal tersebut kemungkinan besar tidak akan dilakukan hingga setelah liburan musim panas Eropa pada bulan Agustus.

Tapi akhir pekan lalu Waktu Minggu melaporkan bahwa Shein mungkin tidak memenuhi syarat untuk dimasukkan dalam Indeks FTSE 100 karena jumlah saham yang dijual oleh Shein tidak memenuhi persyaratan minimum untuk dimasukkan dalam indeks FTSE. Perusahaan yang didirikan di luar Inggris harus memiliki free float minimal 25% berdasarkan aturan bursa.

Ada juga laporan yang berkembang bahwa investor institusional mewaspadai potensi pencatatan saham tersebut, dengan selera terhadap risiko yang berkurang karena serangkaian reformasi di bidang akuntansi, tata kelola, regulasi dan pengungkapan, terutama kewenangan baru bagi Financial Conduct Authority (FCA) dan anggota parlemen Eropa. pencucian hijau.

Perhatian Institusional Terhadap Shein

Financial Times telah melaporkan bahwa beberapa fund manager dengan mandat ESG telah menghindari rencana pencatatan saham tersebut, dan kepemilikan saham di Shein untuk investor institusional besar mungkin terbukti bermasalah secara reputasi karena mereka berada di bawah pengawasan yang semakin ketat atas etika dan tata kelola perusahaan yang mereka kelola. berinvestasi.

Meningkatkan tekanan, Marco Rubio dari Partai Republik Florida telah menulis surat kepada Kanselir Inggris Jeremy Hunt untuk menyampaikan kekhawatirannya, dengan menyatakan: “Shein sebelumnya berusaha untuk mendaftar di New York City tetapi gagal karena kekhawatiran tentang praktik bisnisnya yang tidak etis dan tidak bertanggung jawab. Pada saat itu, saya memperingatkan regulator sekuritas AS tentang dugaan eksploitasi pekerja budak dan celah perdagangan oleh Shein.

“Saya sekarang merasakan kewajiban persahabatan untuk mengulangi peringatan ini dan mendesak agar berhati-hati sebelum Inggris mengizinkan Shein untuk mendaftar di London,” katanya.

Dan British Fashion Council (BFC) baru-baru ini menjadi badan industri terbaru yang angkat bicara tentang rencana flotasi di London, yang dianggap sebagai “keprihatinan signifikan” bagi sektor fesyen.

Sejak adanya indikasi awal bahwa Shein mungkin tertarik untuk go public, perusahaan telah melakukan serangan dengan menekankan langkah-langkah yang diambil untuk lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan. Apakah pukulan hijau itu berhasil adalah pertanyaan lain.

Perusahaan ini juga menekankan perannya sebagai perusahaan yang mengutamakan teknologi, dan melalui inovasi teknislah perusahaan ini berhasil mengungguli banyak pesaingnya di bidang pakaian jadi.

Manajemen Shein pastinya melihat penjualan yang melonjak dan kinerja keuangan, ditambah lintasan pertumbuhan merek, dan bertanya-tanya mengapa musik mood tampaknya memainkan nada yang berbeda.

latest articles

explore more

Leave a reply

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini