oleh

INOVASI Kanit Binmas Polsek Pemali, Perjuangkan Pendirian Pontarmas Untuk Membantu Akses Pembelajaran Daring Bagi Anak – Anak Desa.

IPDA BIRMANSYAH KENALKAN PERAN, FUNGSI KEPOLISIAN KEPADA ANAK – ANAK USIA DINI

Perjuangan Kapolsek Pemali Iptu. Joniarto, SH dan Kanit Binmas IPDA. Birman Adi mendirikan Pondok Pintar Masyarakat ( PONTARMAS ) dimulai sejak akhir – akhir bulan 2020 hingga saat ini akhirnya membuahkan hasil.

Senin (29/03) ketika dikunjungi BNBABEL.COM, keceriaan anak – anak Paud dan TK usia dini telah meramaikan prosesi belajar daring di Pontarmas yang memanfaatkan halaman kosong di belakang Mako Polsek Pemali.

Memang berbeda, kehadiran anak – anak di Pontarmas memberikan warna tersendiri terkait peran kepolisan dalam menyentuh dunia pendidikan anak – anak Desa.

Usai pembelajaran, IPDA Biramansyah Adi sebagai penggagas berdirinya Pontarmas turut memberikan materi pengenalan polisi kepada anak – anak usia dini yang kemudian diajak memasuki tiap ruangan di dalam, maupun diluar Polsek.

” Betul, IPDA birman bersama rekan – rekan Babinkamtibmas usai pembelajaran anak – anak turut memberikan materi pengenalan kepolisian, Kedudukan Polsek Pemali, Tugas pokok dan fungsi polri serta lingkungan dan ruangan yang ada agar adek – adek lebih mengenal kepolisian, kita harapkan citra kepolisian sembari proses tumbuh kembang adek – adek yang belajar, bukan lagi sebagai yang ditakuti tetapi sebagai pengayom dan pelindung, mudah mudahan mereka termotifasi agar kelak sukses berguna bagi orang tua, Nusa dan Bangsa” Ujar Iptu Joniarto

Nampak antusias dan sumringah wajah anak – anak desa Pemali diiringi pertanyaan ala anak – anak usia dini kepada IPDA Birmansyah terkait hal – hal yang belum dipahami.

Iptu Joniarto, mengaku sangat mengapresiasi dan bangga atas semangat Iptu Birman Adi karena telah berjuang bersama mendirikan Pontarmas.

Selain itu, Kapolsek Pemali Mengaku Pendirian Pontarmas mendapatkan dukungan Penuh dari Kapolres Bangka AKBP. Widi Haryawan S.IK, Wakapolres Kompol Faisat Fatsey, SIK, Kabag OPS dan segenap PJU Polres serta Aparatur Pemerintah Desa dan Kecamatan Pemali

Kini Pontarmas Sudah dapat diakses oleh setiap anak – anak desa berusia dini dilanjutkan dengan anak – anak SMP, SMA dan Kuliah yang selama ini kesulitan mengakses pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid – 19

” Alhamdulilah Pontarmas kita sudah berjalan, ini gagasan Kanit Binmas IPDA Birman Adi, untuk anak – anak usia dini dari TK/ Paud sudah bisa mengakses fasilitas WiFi dan pendampingan belajar dengan kita jadwalkan bisa belajar dari Senin hingga Rabu di pagi hari dari jam 7 sampai jam 9, Selanjutnya di jam 10 untuk adek – adek SD, SM SMA Dan mahasiswa untuk belajar di Pontarmas” Ungkap Kapolsek

” Pontarmas mendapatkan dukungan penuh pimpinan kita, Kapolres Bangka, Wakpolres dan PJU Polres serta dukungan Pemerintah Kecamatan maupun Desa” Ujarnya

Namun itu, proses belajar mengajar di Pontarmas harus mengikuti Prokes Kesehatan, pendaftaran dan penjadwalan oleh Iptu. Joniarto dan Ipda. Birmansyah agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, lancar dan sehat.

” Alhamdulilah tidak ada batasan siapa saja boleh bergabung selama sesuai fungsinya untuk pendidikan, cuma kami harus mendata yang kemudian kami atur waktu dan pesertanya, semoga semua anak yang berkekurangan bisa kita akomodir semua, kita juga atur pendaftaran kemudian IPDA birman akan atur jadwal waktu, jumlah dan pastikan penerapan proses guna kelancaran dan kenyamanan belajar” Ungkap orang nomer 1 di kantor Polsek Pemali

Selanjutnya Polsek Pemali akan terus mengembangkan sarana dan prasarana penunjang proses belajar.

Diketahui anak – anak ketika belajar di Pontarmas juga disuguhkan pemandangan dan pembelajaran budidaya ikan sistem Bio Flock dan kebun sayur -mayur, semakin memacu antusias serta semangat belajar.

Penulis : IR

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *