oleh

Ingin Jadi Public Speaker yang Handal, Ini Tips dari Aboul Ala Almaududi

PANGKALPINANG-Komunikasi adalah kunci penting dalam Public Speaking supaya pesan yang disampaikan dapat mudah dipahami audiens.

Begitu ucap Direktur Operasional BN Radio FM, Aboul Ala Almaududi, S.H saat membagikan tips berbicara di depan para peserta pada acara Pelatihan Public Speaking yang digelar Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, dengan tema ‘’Membentuk Jati Diri Pemimpin Universitas Muhammadiyah Babel Yang Berkeunggulan’’ di Hotel Santika, Bangka Tengah, Sabtu (19/12/2020).

“Kenali dulu audiens sebelum berbicara di depan mereka, apabila sudah memahami audiens, buatlah poin dari isi materi yang akan disampaikan, biar ada gambaran saat kita tampil di depan nanti.’’ kata Direktur Operasional BN FM ini yang biasa disapa Dudi.

Pada kesempatan yang sama, Dudi pun menjelaskan lebih lanjut, untuk menarik perhatiaan audiens, haruslah menyiapkan kalimat pembuka yang berkesan dan mengundang minat audiens untuk mendengar.

‘’Lakukan interaksi dengan audiens agar suasana tidak membosankan, saat berbicara, perhatikan volume dan intonasinya. Penting untuk memperhatikan manajeman waktu atau durasi bicara kita.’’

Dia juga menyarankan kepada para peserta pelatihan, buatlah audiens yakin dengan membayangkan diri kita tengah melakukan pidato atau presentasi yang hebat, pahami juga teknik mengakhiri forum agar audiens tidak bertanya-tanya.

‘’Gugup saat berada di depan banyak orang memang wajar, tapi kita harus bisa mengatasinya.’’ katanya.

Dudi berharap, kedepan para peserta pelatihan dapat terus untuk berlatih dan saling berdiskusi agar kemampuan public speaking akan meningkat dan dapat diterapkan dengan baik.

Diakhir kegiatan dilakukan sesi tanya jawab dari peserta yang diikuti oleh Mahasiswa dan Dosen Universitas Muhammadiyan Bangka Belitung (Babel). (rz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment