oleh

Ikut Mabit QCF, Siswa SMP Islam Smart Pangkalpinang Bermalam di Asrama Haji

PANGKALPINANG, BNBABEL.COM – Puluhan siswa dan siswi SMP Islam Smart Pangkalpinang bermalam di Asrama Haji Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung.

Dibimbing para guru, siswa/siswi mengikuti rangkaian kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) bertajuk Qur’an Camp Fun (QCF), yang digelar sekolah tersebut selama dua hari, Jum’at dan Sabtu (25-26 Juni 2021).

Agenda Mabit dibuka Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Bangka Belitung, Drs H Abdul Azis, Jum’at (25/06/2021), yang diikuti sedikitnya 37 pelajar putra dan putri dalam shaf terpisah.

Dalam kesempatan itu, Abdul Azis memotivasi para pelajar untuk meningkatkan semangat dalam mendalami Al Qur’an.

“Dengan demikian kita bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang banyak. Selain itu bisa menjadi bekal apabila ada yang ingin mengikuti ajang prestasi STQ (Seleksi Tilawatil Qur’an),” kata Abdul Azis.

Salah seorang panitia yang juga pengajar di SMP Islam Smart Pangkalpinang, Ustadz Pipen, menjelaskan QCF yang digelar empat kali setahun ini guna menambah kedekatan siswa dengan Al Qur’an.

“Tujuannya untuk memperbaiki bacaan siswa, menguatkan hafalan dan menambah hafalan baru,” jelas Ustadz Pipen, Sabtu (26/06/2021).

Dia berharap siswa dapat menjaga semangat bersama Al Qur’an sepanjang hidup, dengan hati yang bahagia.

Siswa kelas 7 SMP Islam Smart Pangkalpinang, Kahfi Abdi, mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut.

Selain bisa menambah ilmu tentang Al Qur’an, juga bisa meningkatkan target hapalan.

Sedangkan siswa kelas 8, Ahmad Rifai, mengungkapkan kegiatan kali ini dirasakan berbeda karena dilaksanakan di Asrama Haji yang memiliki fasilitas lengkap. Proses belajar Al Qur’an, ibadah, makan dan istirahat terasa lebih nyaman karena suasana seperti menginap di hotel.

“Seperti menginap di hotel, sehingga lebih nyaman aja. Bagi teman-teman yang gak ikutan rugi banget,” ujarnya.

Kegiatan Qur’an Camp Fun dengan tema Happy Living with Qur’an ini diisi berbagai kegiatan, mulai dari shalat fardhu berjamaah, muraja’ah, makan bersama, mengaji Al Qur’an, qiyamullail, muhasabah, olahraga dan menginap bersama.

Salah satu materi yang disampaikan yakni kiat dan kunci belajar Al Qur’an oleh alumni Universitas Islam Madinah, Ustadz Ahmad Bastari LC. (ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment