oleh

Hadiri Silaturahmi Forum Kebangsaan, Wabup Bangka : Jadikan Ini Sebagai Sarana Bertukar Informasi

BANGKA, BNBABEL.COM – Salah satu wewenang dan tugas pemerintah daerah adalah berkewajiban untuk menjaga dan memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat. Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Bangka saat menghadiri acara Silaturahmi Kebangsaan bersama forum pembauran kebangsaan Kabupaten Bangka di Ruang OR Pemkab Bangka, Kamis (4/11/2021).

Menurutnya, berbagai permasalahan dapat saja mempengaruhi kondisi ketentraman dan ketertiban, seperti terjadinya konflik didalam masyarakat baik yang bersifat vertikal maupun horizontal. Terjadinya konflik ini dapat disebabkan oleh berbagai latar belakang permasalahan seperti ras, suku, budaya dan agama yang dapat mengancam integritas nasional persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pemerintah Kabupaten Bangka mempunyai komitmen yang kuat untuk mewujudkan dan menjaga integritas bangsa dengan memberikan dukungan penuh terhadap upaya-upaya dalam menjaga ketentraman dan ketertiban masyarakat serta integritas bangsa. Berdiskusi disini dalam forum pembauran kebangsaan yang bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara forum pembauran kebangsaan Provinsi Babel dengan forum pembauran Kabupaten Bangka,” jelasnya.

“Pada momen yang baik ini, kita dapat saling bertukar informasi serta mendengar permasalahan-permasalahan pembaharuan kebangsaan dan menemukan solusi solusi terhadap isu-isu terkini yang berhubungan dengan ras, suku, budaya dan agama yang dapat mempengaruhi kondisi integritas bangsa khususnya di daerah,” ujar Syahbudin.

Selanjutnya, hasil dari pertemuan tersebut dapat menjadi informasi dan edukasi bagi masyarakat. Oleh sebab itu, Pemkab Bangka akan terus memfasilitasi dan membina pembauran kebangsaan yang pelaksanaannya oleh masyarakat. Hal itu sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri nomor 34 tahun 2006 tentang pedoman penyelenggaraan pembauran kebangsaan di daerah.

“Penyelenggaraan pembaruan kebangsaan adalah proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras suku etnis melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidikan dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku dan etnis masing-masing dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Lebih lanjut ia mengingatkan bahwa pembauran kebangsaan adalah bagian penting dari kerukunan nasional dan merupakan upaya dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pelaksanaan penyelenggaraan pembauran kebangsaan ini harus diselenggarakan secara profesional dan kerjasama yang baik antara pemerintah daerah, masyarakat serta dukungan seluruh komponen bangsa dalam rangka mendorong terwujudnya pembauran kebangsaan guna memperkokoh integritas bangsa serta menegakkan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *