oleh

Gubernur Erzaldi Jadi Khotib Sholat Jum’at, ada 5 hal yang disampaikan terkait Ibadah Qurban

BANGKA, BNBABEL.COM – Menjadi Khotib Sholat Jum’at di Masjid Agung Sungailiat, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyampaikan lima manfaat menjalankan ibadah qurban.

Menurut orang nomor satu di Provinsi Bangka Belitung itu, lima hal tersebut ialah yang pertama belajar untuk ikhlas karena hakikat itulah yang dapat menggapai ridho Allah. Ia menegaskan jika beribadah qurban bukan ajang untuk memamerkan kekayaan namun sebagai bentuk pengabdian manusia kepada Allah.

Hikmah yang kedua adalah berqurban tidak hanya semata-mata mengeluarkan harta dan menyembelih hewan qurban namun terdapat aturan dan ketentuan yang mesti dipenuhi. Gubernur juga mengingatkan jangan sampai terjadi adanya maksud untuk mencari keuntungan seperti menjual kulit, memberi upah kepada tukang potong hewan qurban dari sebagian hewan qurban.

“Ada sebagian tempat momentum qurban dijadikan ladang bisnis yang akhirnya justru akan mendatangkan kemaslahatan dan konflik sosial. Jika beberapa ketentuan dilanggar maka hewan tersebut disebut sedekah bukan qurban,” jelasnya, Jum’at (9/7/2021).

Oleh karena itu, pelaksanaan ibadah qurban bukan hanya sekedar legalitas atau formalitas belaka, apalagi untuk meninggalkan status sosial. Beribadah qurban harus didasari oleh ilmu pengetahuan agama sehingga pemahaman makna berqurban semakin jelas.

Kemudian hikmah yang ketiga adalah belajar untuk sedekah harta. Yang mana saat ini banyak orang memiliki banyak harta tetapi masih enggan untuk berqurban.
Kenapa hal ini terjadi?
Karena sebagian manusia masih mencintai kehidupan dunia dan melupakan investasi untuk akhirat.

“Berqurban bukan bicara tentang berapa banyak harta yang kita miliki melainkan panggilan hati untuk bersyukur kepada Allah. Ingatlah, semakin banyak harta yang kita keluarkan maka akan sesungguhnya akan semakin mendatangkan keberkahan,” tegasnya.

Ia menambahkan apa saja yang manusia telah keluarkan untuk ibadah maka Allah akan menggantikan. Mengeluarkan harta ke jalan Allah merupakan sebagai wujud rasa syukur dan Allah akan melipatgandakan nikmat kepada seluruh hambanya yang bersyukur.

Dan hikmah keempat ialah meninggalkan larangan Allah walaupun hanya sebentar dan hikmah yang kelima adalah belajar untuk rajin berzikir. Dalam beribadah berqurban diwajibkan untuk membaca Bismillah dan Bertakbir pada saat ingin berqurban.

“Begitu banyak kehidupan mulia yang mencerminkan kualitas ibadah manusia, kita harus bisa semakin memahami agar tidak terjerumus dalam perbuatan-perbuatan sombong dan riak karena ilmu agama yang kurang dimiliki. Di samping itu, momentum berqurban jangan dijadikan lahan bisnis untuk bagi sekelompok orang atau kepentingan pribadi. Justru dengan berqurban dapat meningkatkan rasa solidaritas dan saling berbagi di tengah sulitnya kehidupan sehingga dapat meningkatkan persatuan, kesatuan dan persaudaraan agar Islam semakin bersatu dan tidak mudah dipecah belah,” harap Erzaldi di akhir khotbahnya.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *