oleh

Gubernur Babel : Prihatin Daerah kita yang Rusak Orang Lain yang nikmati, Direktur PT PMM menjawab silahkan Laporkan ke Pusat

BANGKA, BNBABEL.COM -Direktur PT PMM Eddy Sunanta merasa yakin bahwa aktivitas perusahaan selama ini sudah sesuai dengan legalitasi dan aturan yang berlaku.

Karenanya, Bos PT PMM ini mempersilahkan siapapun yang merasa ada kejanggalan ataupun indiskasi pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaannya, untuk segera melaporkan PT PMM kepada pihak berwenang, termasuk ke pihak kepolisian.
“Kita ini kan negara hukum.

Laporkan saja kami jika memang ada pihak-pihak yang menganggap ada hal yang tidak benar di perusahaan kami ini,” ujar Eddy Sunanta, saat pertemuan dengan Forkopimda dan Beberapa Perwakilan Ormas, di Kantor PT PMM, Senin (2/8/2021).

Penegasan ini juga diucapkan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman. Orang nomor satu di Bangka Belitung ini juga mempersilahkan masyarakat Bangka Belitung untuk melaporkan PT PMM ke pihak berwenang maupun berwajib, jika dirasakan ada indikasi pelanggaran pada aktivitas tambang dan pengiriman pasir zirkon selama ini oleh PT PMM.

“Untuk masalah kewenangan mineral ikutan ini sudah diambil pusat. Jadi Pemda tidak memiliki kewenangan lagi. Sehingga kalo ada LSM atau Ormas atau masyarakat yang meyakini ada pelanggaran oleh PT PMM, segera laporkan saja. Nanti Tim dari pusat yang akan turun ke sini,” ujar Gubernur Erzaldi.

Pernyataan Direktur PT PMM Eddy Sunanta dan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman ini disampaikan, karena ketidakpuasan PD Inaker Kabupaten dan Ormas Bangka terhadap bukti-bukti atau dokumen yang dimiliki oleh PT PMM, terkait dengan aktivitas pertambangan, pemurnian maupun pengiriman ribuan pasir zirkon pad 25 Juli 2021 lalu.

Meski sudah ada pertemuan antara Inaker, Laskar Sekaban dan HNSI Kabupaten Bangka bersama Direktur PT PMM Eddy Sunanta, yang difasilitasi Gubernur Bangka Belitung bersama Forkopimda Bangka Belitung, namun PD Inaker Kabupaten Bangka merasa belum ada kejelasan terhadap yang mereka persoalkan.

Pertemuan yang diharapkan mampu membuka tabir keraguan sebagian LSM maupun Ormas terhadap legalitas dan aktvitas PT PMM dalam proses pengiriman pasir zirkon ke luar Bangka, dinilai PD Inaker Bangka belum berhasil.

Beragam pertanyaan dan permintaan dokumen dan penjelasan semua hal yang berkaitan dengan legalitas pengiriman pasir zirkon kepada PT PMM, belum bisa dijawab secara konkrit oleh Direktur PT PMM.

Pertemuan itupun tidak seperti layaknya petemuan yang mampu memberikan penjelasan terhadap persoalan yang heboh sepekan terakhir.

Pertemuan hanya sekdar dialog yang belum menyentuh esensi dari permintaan Inaker dan Ormas Kabupaten Bangka.

“Kita menyambut baik tantangan Pak Gubernur maupun Pak Direktur PT PMM untuk melaporkan hal ini ke pusat.
Tentu kita akan melengkapi bukti-bukti semuanya, dan akan kita laporkan ke ESDM dan Presiden. Kita juga sudah melaporkan dan mengirim bukti-bukti yang kita anggap valid, kepada Inaker Pusat. Mereka tentu akan mengolah ini untuk dibeberkan kepihak terkait di pusat,” ujar Ketua PD Inaker Bangka, Leonardo Spd.

Sementara itu pada saat yang bersamaan Erzaldi Rosman orang No 1 dijajaran Pemerintah Bangka Belitung menyebut dirinya mengaku prihatin dengan kondisi ini,karena daerah yang dipimpinnya rusak namun orang lain yang menikmati,sambil berjalan menuju ke arah mobil dinasnya saat dimintai keterangan oleh wartawan.Ia berharap masyarakat yang keberatan silahkan mengadu ke pusat jika PT PMM dalam kegiatan disinyalir ada pelanggaran,”Pungkasnya.
(BN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *