oleh

Gubernur Babel Hadiri Uji Coba Mesin Turbo Jet Perahu Nelayan, SNNU, Polman Babel dan Warga Nelayan Tanda Tangani Komitmen Kerja Sama

SUNGAILIAT, BNBABEL.COM— (26/6) Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan menghadiri Uji Coba Mesin Turbo Jet Perahu Nelayan di Dermaga Nelayan 2, Sungailiat, Bangka.

Kedatangan Erzaldi disambut oleh tarian khas Pesisir, Masyarakat Nelayan, Organisasi Nelayan, Tokoh Agama, Apratur Lingkungan, Stake Holder dan didampingi Unsur Kedinasan Provinsi dan Kabupeten Bangka.

Dalam pembukaan acara, Ketua Tim Polman Babel Hasdiansyah, Master Enginering menjelaskan proses Design, efektifitas dan efesiensi serta manfaat mesin karya mereka tersebut. Meskipun itu, Hasdiansyah mengakui bahwa dalam uji coba kali ini mereka menerima masukan mengenai dimensi mesin turbo Jet yang masih terlalu kecil untuk digunakan. Hal itu dikarenakan pihak tim Polman Babel mengadopsi rancangan design dari Mesin Jet – Ski. ” Awalnya kami mencoba, dan hari ini kami dapat menjelaskan mengenai design, efisiensi kerja dan manfaat bagi masyarakat dari mesin Turbo Jet. Hari ini pun kita akan mencoba dan menguji penemuan kami mengenai Mesin Turbo Jet untuk Perahu Nelayan. Namun itu belakangan kami ketahui design mesin Turbo Jet kami terlalu kecil di bandingkan mesin tempel 18 PK yang ada karena turbo Jet ini menyamai dimensi Jet – Ski yang 8, 5 PK, terlalu Kecil Memang. Kabar gembiranya bahwa Turbo Jet ini sudah kami design dengan baling – baling yang terlindungi, selain itu di rancang hemat BBM Karena sudah berteknologi 4 tak tidak seperti mesin tempel yang ada yakni 2 tak dan harus menggunakan oli samping, Untuk pembuatan Turbo Jet kami menggunakan Tekhnologi 3D Printing yang belakangan kami sudah bisa membuat baling – baling 4, 3 atau 2 daun” Jelas Hasdianyah
” Harapan saya selaku akademisi bisa bekerja sama dengan nelayan dan mengetahui apa yang mereka butuhkan karena kami sangat tertarik mengembangkan tekhnologi ini” Tegasnya.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Mesin Turbo Jet Karya Polman Babel adalah tantangan yang diberikan kepada mahasiswa dan Dosen Polman untuk dapat menghadirkan mesin buatan lokal yang mampu bersaing, sesuai dan diminati nelayan.

” Turbo Jet, Insya Allah akan menjadi mesin yang bermanfaat terhadap para nelayan kita. Saya berterima kasih dapat hadir bertemu masyarakat, tokoh masyarakat, agama dan nelayan. Dan saya ingin melihat dan menguji atas penerimaan tantangan dari saya oleh adek – adek mahasiswa dan Akademisi Polman untuk menciptakan mesin yang dapat mengurangi beban para nelayan kita. Hari ini kita coba dan uju bersama, nanti habis uji coba saya harap para nelayan aktif memberikan masukan guna penyempurnaan mesin sampai sempurna sehingga nanti mesin nya dapat kita produksi dan kita berikan kepada nelayan” Jelas Erzaldi

” Mesin ini sebagai alternatif menjadi mesin yang dapat memberikan nilai tambah lebih selain ongkos operasionalnya menjadi lebih murah, jadi kalau kata nelayan nanti belum sempurna harus lebih disempurnakan” Tambahnya. Tambahnya.

Sementara itu ketua SNNU Bangka Lukman S.H yang menjadi Stake holder organisasi dalam pengujian mesin turbo jet berharap agar pemerintah dapat mendukung penuh program – program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Polman Babel, Dirinya berharap Mesin Turbo Jet segera dapat di sempurnakan untuk digunakan Nelayan.
” Kami yang digandeng Polman Babel dalam rangka Uji Coba Turbo Jet di Dermaga Nelayan 2, kami sangat berterima kasih bisa turut berkontribusi. Kami berharap ketika mesin ini sudah berhasil dapat diperuntukan untuk membantu para Nelayan dan pak Gubernur dapat mendukung penuh setiap program pengabdian masyarakat yang di lakukan Polman Babel khususnya Pemutakhiran Mesin Turbo Jet” Ujar Ketua SNNU

Usai sambutan, Gubernur Babel bersama – sama masyarakat langsung menyaksikan uji coba mesin turbo jet yang dioperasikan di perahu nelayan setempat di Dermaga Nelayan 2.

Kemudian Gubernur pun menyaksikan penandatangan kerja sama yang dilakukan oleh Direktur Polman Babel, Ketua SNNU dan Kaling Nelayan 2 dalam hal kerja sama penyempurnaan dan pembuatan Mesin Turbo Jet.

Direktur Polman Babel I Made Andik Setiawan M, Eng menjelaskan bahwa pihak Polman Babel mengembangkan mesin Turbo Jet sebagai bentuk tugas yakni Pengabdian Kepada Masyarkat, Polman Babel pun selalu siap untuk menghadirkan solusi permasalahan yang dihadapi masyarakat.

” Salah satu tugas kami adalah pengabdian kepada masyarakat, kami mendapat masukan ada masalah mesin perahu nelayan dan kami mencoba menghadirkan Mesin Jet Turbo sebagai penyelesaian masalah. Jadi ilmu – ilmu yang kami dan mahasiswa kami kembangkan harus Wajib di terapkan kepada masyarakat kemudian kami harus terjun langsung ke masyarakat menyelesaikan permasalahan itu. jadi kalau ada permasalahan Polman Babel selaku institusi pendidikan milik pemerintah letaknya tak jauh dari dermaga ini, selalu siap dan menghadirkan Solusi kepada masyarakat” Ujar I Made Andik Setiawan M.Eng

Disampaikan Melalui pertemuan itu, Mesin Turbo Jet akan secepatnya disempurnakan dan di produksi masal sebagai mesin buatan lokal yang mampu bersaing dan di mintai nelayan untuk dipergunakan.

Penulis : IR

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *