oleh

Giatkan Vaksinasi untuk Para Kyai Sepuh, PWNU Jawa Timur: “Hukumnya wajib”

Jawa Timur, BNBABEL.COM — Sebanyak 100 Kyai dan Pengurus Wilayah Nadhlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menerima suntikan vaksin AstraZeneca dosis pertama pada Selasa (23/3).

Kegiatan ini merupakan bukti dukungan dan keteladanan NU untuk membantu pemerintah menyukseskan program vaksinasi nasional.

“Alhamdulillah. Hari ini pengurus NU Wilayah Jawa Timur telah melaksanakan vaksinasi dosis kedua untuk para kyai sepuh, dan vaksinasi dosis pertama menggunakan vaksin Astrazeneca untuk warga NU,” ucap KH. Anwar Iskandar selaku Wakil Rois Syuriyah PWNU Jawa Timur, yang dirilis di laman Facebook resmi Kementerian Kesehatan RI, Rabu (24/03).

Dijelaskan oleh KH. Anwar Iskandar kalau vaksin yang digunakan ini terbukti aman, termasuk bagi para Kyai yang sudah berusia 60-70 tahun.

Lanjutnya, program vaksinasi COVID-19 ini sendiri merupakan bagian dari upaya pemerintah dan masyrakat untuk menjaga kesehatan dan keselamatan jiwa yang merupakan bagian penting dari syariat Islam.

“Bagi umat Islam, khususnya warga NU, menjalankan dan mengikuti vaksinasi ini hukumnya wajib. Karena menjaga keselamatan jiwa adalah bagian dari kewajiban,” tegasnya.

Di tahap kedua kali ini para kyai dan ulama memang menjadi sasaran prioritas pemerintah sebagai penerima vaksin COVID-19 lantaran kerap berkegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan umat, sehingga sangat rentan terpapar COVID-19.

Menkes Budi Gunadi Sadikan turut menegaskan bahwa vaksin yang digunakan untuk program vaksinasi nasional merupakan vaksin yang aman dan tentunya berkhasiat.

“Manfaat pemberian vaksin COVID-19 AstraZeneca lebih besar daripada risiko yang ditimbulkan sehingga vaksin ini bisa mulai digunakan. Jadi, tidak ada alasan masyarakat untuk ragu-ragu mengikuti program vaksinasi,” ucap Menkes Budi sambil memantau pelaksanaan vaksinasi.

Jurnalis: JAM

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *