oleh

Giatkan Olahraga Menembak Persahabatan, Perbakin Babel Siap Bangun Sinergi Lintas Lembaga

Sungailiat, BNBabel — Dalam rangka menguatkan sinergi sektoral antara pihak Perbakin Babel dengan stakeholder Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, diselenggarakan kegiatan olahraga menembak persahabatan yang bertempat di lapangan tembak Parit 7, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, pada Minggu (21/2) sore.

kegiatan Minggu sore yang diadakan oleh Perbakin ini dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, Herman Suhaidi, Kadispora Provinsi Bangka-Belitung, Suharto, personil TNI Kompi Senapan B, Laskar Sekaban, dan juga seorang atlet menembak, Anggit, yang pernah berlaga mewakili Bangka-Belitung di ajang PON dan Kejurnas.

Arbi Leo selaku Ketua Harian Perbakin Babel mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan dapat membangun silaturahmi intensif antara pihak Perbakin sebagai wadah organisasi atlet menembak dengan para pemangku kepentingan seperti lembaga DPRD dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung yang diwakili oleh Dispora, guna mengenalkan dan mengembangkan olahraga menembak di kalangan masyarakat, terkhususkan lagi untuk menjaring bibit-bibit atlet potensial asli daerah ini untuk masa mendatang.

“Iya. Itu pasti. Terus kita fokuskan ke hal tersebut karenanya fasilitas, sarana dan prasarana semakin hari semakin kita lengkapi dahulu, dan tentunya pencarian atlet itu dilakukan di kabupaten, pengurus kota, dan salah satu pembinanya, ya, pak kadispora kita yang sudah membuktikan dan berhasil membawa atlet Bangka-Belitung ke ranah PON beberapa bulan lagi ke depan,” tukasnya sembari mengecek kelengkapan peralatan menembak.

Ditanya hal rencana Perbakin Babel yang akan membenahi sarana dan prasarana penunjang untuk kebutuhan latihan para atlet, seperti merevitalisasi lapangan tembak Parit 7 yang selama ini dikelola dan digunakan oleh pihak Kompi Senapan B sebagai tempat latihan menembak prajurit, Arbi menegaskan kalau hal itu memang menjadi program prioritas organisasinya ke depan.

“Pasti arahnya ke sana. Tapi masih kita bicarakan dari berbagai sisi yang menunjang,” tegas pengusaha muda yang turut aktif berkecimpung sebagai filantrop ini.

Herman Suhaidi, Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, yang ikut serta dalam kegiatan pun mengatakan siap bersinergi dengan pihak Perbakin Babel untuk membenahi lapangan tembak Parit 7, asalkan status pengelolaan asetnya jelas, maka ia akan membantu di tingkat lembaga, supaya anggaran dari provinsi bisa mengucur ke Perbakin Kabupaten Bangka.

“Tentunya kalau kami dari DPRD ini kan butuh anggaran. ketika ini tidak menyalahi regulasi dan peraturan ya kami oke-oke saja. Karena selama ini juga kita membantu olahraga bola, olahraga yang lain dan ini juga perlakuannya harus sama dengan olahraga lainnya,” tukasnya.

Hadir pula Kadispora Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung dan juga selaku Ketua Perbakin Kabupaten Bangka, Soeharto, yang turut menceritakan kisahnya sebagai atlet menembak nasional yang pernah berlaga di PON dan Sea Games pada medio 80-an.

Sebagai Kadispora, Soeharto mengatakan bahwa pihaknya selalu aktif mencari anak-anak muda berbakat yang siap dilatih menjadi atlet menembak mewakili Bangka-Belitung di ajang olahraga nasional maupun internasional.

Tak jarang ia sendiri pun harus turun tangan melatih para atlet muda binaan Perbakin di rumahnya, yang telah dilengkapi sarana dan prasana yang mendukung.

“Kalau kita secara rutin ya mas. Kebetulan semenjak berdirinya Perbakin Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung, saya juga salah satu orang yang mendirikan. Saya melahirkan atlet sudah ke tingkat nasional. Kebetulan atlet kita saya bawa [ke sini] namanya Anggit. Anggit ini penembak PON kita, dan sudah dua kali mengikuti PON, dan ini [bakal] ketiga kalinya,” jelas Soeharto.

Namun ia mengingatkan bahwa lapangan tembak Parit 7 yang merupakan warisan peninggalan Bupati Bangka terdahulu, HM Aruf, masih jauh dari kata layak pakai dan representatif untuk dijadikan tempat latihan atlet.

Sebab lapangan tembak ini ia katakan hanya cocok untuk latihan menembak jenis reaksi atau senjata militer saja. Berbeda dengan jenis menembak presisi untuk olah prestasi atlet.

Dijelaskan olehnya juga bahwa salah satu kendala Perbakin saat ini memang belum memiliki gedung sebagai tempat latihan menembak untuk keperluan indoor.

Meskipun, lanjutnya, hal itu bakal ditangani serius oleh Gubernur Erzaldi, yang termasuk selaku Ketua Perbakin Babel untuk membangun gedung latihan menembak di tanah seluas 5 Ha, hasil hibah era Eko Maulana Ali, sebagai hadiah keberhasilan Soeharto mengharumkan nama Bangka-Belitung di kancah PON untuk cabang olahraga menembak waktu itu.

Ia pun turut menyarankan seyogyanya Kabupaten Bangka lebih serius memerhatikan sarana dan prasana menembak yang layak pakai, agar bisa mengakomodir potensi anak-anak muda yang tertarik menekuni olahraga ini.

Apalagi mengingat pada tahun 2032 mendatang Indonesia akan menjadi tuan rumah perhelatan Olimpiade, sehingga kesiapan untuk membangun sarana dan prasarana olahraga bertaraf internasional mesti mulai dipikirkan sejak sekarang.

“Cuma saran saya karena ini berada di Bangka, harusnya kabupaten itu punya sarana. Sayang dong, ini sudah atletnya yang ikut PON juga dari Bangka. Ini kan sayang kalau kita atletnya sudah tapi sarananya gak ada. Untung kami orang gila istilahnya senang hobi menembak. Bangun sarana sendiri, seadanya, dan itupun sudah [berhasil] melahirkan [atlet] ke tingkat nasional,” tutupnya bersemangat.

Senada dengan Soeharto, Letnan Tri Maryadi selaku Komandan Pleton (Danton) Kompi Senapan B yang mengawasi jalannya kegiatan mengatakan sangat mendukung Perbakin untuk menjaring bibit-bibit atlet potensial asli daerah.

Ia pun berharap dengan kehadiran Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung dalam kegiatan ini, dapat turut membantu membenahi lapangan tembak Parit 7 agar bisa berfungsi secara maksimal dan layak pakai.

“Saya berharap dari daerah Kabupaten Bangka termasuk putra-putri dari Bangka-Belitung sendiri yang menjadi atlet pada saat PON, Asean Games, atau pun Sea Games, khususnya yang dibina oleh Bangka Belitung sendiri. Sehingga tidak memerlukan atlet dari daerah lain, agar kita bisa memajukan daerah kita sendiri. Kami mensupport dari Kompi Senapan B, agar kegiatan Perbakin ini bisa dilaksanakan dengan baik,” pungkasnya. (JAM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *