oleh

Fasilitasi Sertifikasi dan Lisensi Pilot Drone, Tingkatkan Kualitas Pelaku Pariwisata

BELITUNG, BNBABEL.COM-Drone yang merupakan pesawat terbang tanpa awak dengan remote kontrol sebagai pengendalinya. Belakangan menjadi alat pendukung berbagai pihak termasuk dunia fotografi dan videografi. Drone yang dilengkapi kamera mampu merekam foto dan video sesuai spesifikasinya saat diterbangkan. Penggunaan drone menjadi nilai tambah bagi pariwisata Belitung, dikarenakan Negeri Laskar Pelangi itu memiliki bentang alam yang indah dan menarik untuk didokumentasikan lewat udara.

Oleh karenanya, kepada pelaku usaha pariwisata diharapkan memiliki sertifikat dan lisensi sebagai pilot drone untuk menunjang pariwisata Belitung.

Hal itu disampaikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman kepada pelaku usaha water sport di Pantai Tanjung Tinggi Belitung, Rabu (07/07/21).

Saat berbincang dengan Teddy dan Rizky , Pelaku Pariwisata di Belitung, Gubernur Erzaldi menanyakan lisensi penerbangan maupun sertifikat pendukung sebagai seorang pilot drone kepada penyedia beragam fasilitas olahraga air dan dokumentasi bagi wisatawan yang ingin mengabadikan moment wisatanya.

Diakui Rizky, dirinya belum memiliki sertifikasi dan lisensi untuk menerbangkan sebuah drone.

“Semua saya pelajari secara otodidak, pak”, ungkap Rizky saat ditanya oleh Gubernur Erzaldi.

Mendengar hal ini, Gubernur Erzaldi bahwa Pemerintah Provinsi Bangka Belitung akan memfasilitasi sertifikasi drone ini, pihaknya akan mengundang peserta dari kalangan pelaku pariwisata di Belitung.

Karena penggunaan drone akan menjadi nilai tambah untuk menarik para wisatawan, terlebih di objek wisata seperti pantai yang sangat sulit bagi wisatawan untuk mengabadikan perjalanan wisata mereka.

Gubernur Erzaldi juga menjelaskan kepada Rizky, sertifikat dan lisensi harus dimiliki agar menambah kepercayaan wisatawan atas hasil dokumentasi wisata yang mereka hasilkan. Selain itu sebagai bekal untuk menambah profesionalisme dalam menjalankan usaha dengan memilki fasilitas dokumentasi yang ditawarkan kepada wisatawan.

Rencana inipun disambut gembira oleh Rizky yang baru pertama kali bertemu orang nomor satu di Bangka Belitung ini. Dirinya merasa senang karena akan difasilitasi untuk mendapat sertifikat dan lisensi ini dan mendapat banyak ilmu yang tidak didapat jika belajar secara otodidak.

“Nanti UPT Pariwisata Bangka Belitung segera ditindaklanjuti kebutuhan ini untuk memfasilitasi pelaku pariwisata, kalian harus miliki sertifikasi dan linsensi ini karena sangat penting,” – Erzaldi Rosman.

(rz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *