oleh

Empat Catar Akpol Asal Babel Lulus Terpilih Seleksi Tingkat Pusat, Kapolda : Optimalkan Kemampuan dan Perilaku Terpuji

PANGKALPINANG, BNBABEL.COM -Sebanyak empat orang calon taruna/taruna Akademi Kepolisian (Akpol) asal Bangka Belitung dinyatakan lulus terpilih untuk mengikuti seleksi di tingkat pusat.

Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Anang Syarif Hidayat mengatakan, rangkaian kegiatan Seleksi Penerimaan Terpadu Taruna/Taruni Akpol Tahun 2021 dilaksanakan dengan proses yang bersih, transparan, akuntabel dan humanis serta clear and clean.

Ia menegaskan Polri berkomitmen pada semua proses penerimaan calon anggota tidak ada unsur KKN, broker, pungli maupun rekayasa dan konspirasi. Serta menerapkan diskualifikasi bagi peserta seleksi yang menggunakan sponsorship maupun memo.

“Sehingga saat ini telah tersaring sebanyak empat orang yang terdiri dari tiga pria dan satu wanita, untuk melanjutkan perjuangan mengikuti seleksi ke tingkat pusat,” ungkap Irjen Anang Hidayat, pada Sidang Penetapan Kelulusan Tingkat Panitia Daerah Penerimaan Terpadu Calon Taruna/Taruni Akpol, di Gedung Tribrata Polda Bangka Belitung, Rabu (23/06/2921).

Kapolda menyampaikan ucapan selamat kepada empat calon taruna dan taruni yang dinyatakan lulus terpilih untuk mengikuti seleksi tingkat pusat. Mereka diminta untuk selalu menjaga nama baik Polda Bangka Belitung serta mengoptimalkan kemampuan dan perilaku terpuji selama tes seleksi.

Ia berharap kuota didik Akpol untuk Polda Bangka Belitung tidak berkurang dari jumlah sebelumnya sebanyak empat orang.

Dalam kesempatan itu, Anang meminta kepada peserta yang dinyatakan lulus tidak terpilih, untuk tetap semangat meningkatkan kompetensi dan kemampuan sehingga bisa bersaing kembali di tahun berikutnya.

Ia menyebut berdasarkan surat Kapolri nomor : b/4062/vi/dik.2.1./2021/SSDM, kepada peringkat 20 terbaik yang lulus tidak terpilih di tingkat panitia daerah menuju giat seleksi tingkat pusat di Akpol ditawarkan mengikuti pendidikan pembentukan bintara Polri tahun anggaran 2021. Penawaran tersebut tidak berlaku bagi polisi wanita (polwan) karena kuota pendidikan di Sepolwan sudah terpenuhi.

Dijelaskan Kapolda Anang Hidayat, pelenggaraan seleksi terpadu anggota Polri tahun ini tingkat panitia daerah Polda Bangka Belitung melalui jalur Akpol, sejak Maret Juni tahun 2021.

Animo peserta yang mengikuti seleksi panitia daerah sebanyak 82 orang, dimulai dari tahap pendaftaran dan verifikasi, pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan (rikkes) dan psikologi tahap pertama menggunakan sistem CAR.

Selanjutnya peserta mengikuti tes CAT akademik, uji kesamaptaan jasmani, rikkes tahap 2, wawancara psikologi tahap 2, dan penelusuran mental kepribadian.

Sidang akhir penentuan kelulusan tingkat panitia daerah dihadiri pejabat utama Polda Bangka Belitung, panitia seleksi, orangtua dan calon siswa taruna/taruni. (ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *