oleh

Dua Penambang TI Tungau Beroperasi di DAS Masuk WIUP PT Timah, Tim Divpam Stop Aktivitas

BANGKATENGAH, BNBABEL.COM — Wilayah Kabupaten Bangka Tengah ternyata tak luput dari pengawasan Tim Divisi Pengamanan PT Timah Tbk. Seperti yang dilakukan anggota Tim Divpam PT Timah di kawasan Lempuyang Desa Jelutung Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (10/12/2021).

Mendapat laporan dari masyarakat, Tim Divpam PT Timah berangkat ke lokasi sekitar pukul 09.30 WIB.

Tim Divpam mendatangi lokasi tambang illegal yang berlokasi Lempuyang Desa Jelutung Kecamatan Namang pada koordinat X : 48629156, Y : 9749488, DU 1529. Status lahan WIUP PT Timah yang juga merupakan daerah aliran sungai (DAS).

Di lokasi ini tim menemukan mesin Robin yang digunakan untuk mengoperasikan TI Tungau sebanyak dua unit. Pemilik Tambang Tungau dua orang warga Desa Jelutung Kecamatan Namang berinisial L dan B.

Saat ditanya, para penambang ini mengaku menghasilkan sekitar 3 kg perhari, yang mereka jual ke pengepul oknum warga inisial J beralamat di Desa Jelutung.

Atas temuan ini, Tim Divpam melakukan tindakan antara lain menghentikan aktifitas penambangan, lalu memberikan teguran bahwa mereka bekerja WIUP PT Timah.

“Anggota juga memerintahkan agar menghentikan aktifitas di IUP PT Timah dan aliran DAS. Penambang diminta membuat BAP dan Surat Pernyataan diatas materai. Dan dokumentasi,” ujar GM PT Timah Robertus Bambang Susilo.

Giat penertiban yang berlangsung sekitar satu jam 30 menit tersebut menghasilkan kesimpulan antara lain penambang akhirnya bersedia menghentikan aktifitas dan mengangkat mesin. Para penambang baru mulai bekerja dan belum mendapatkan hasil.
(BN11)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *