oleh

DPRD Bangka Paripurnakan Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA dan PPAS APBD tahun Anggaran 2022

BANGKA, BNBABEL.COM – DPRD Kabupaten Bangka gelar sidang paripurna dengan pembahasan Pengesahan Rancangan Perubahan APBD tahun 2021 dan Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA dan PPAS APBD tahun anggaran 2022, Senin (20/9/2021).

Ketua DPRD Bangka, Iskandar dalam sambutannya menyampaikan jika rancangan perubahan APBD tahun 2021 telah dilakukan pembahasan bersama antara badan anggaran dengan tim anggaran pemerintah Kabupaten Bangka sehingga mencapai kesepakatan untuk dapat diparipurnakan.

“Perubahan APBD perlu dilakukan dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya perkembangan yang tidak dengan asumsi kebijakan umum anggaran, keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi.

Oleh sebab itu, perubahan APBD tahun 2021 diharapkan dapat mengakomodir anggaran dalam melaksanakan program kegiatan diseluruh stakeholder pemerintah Kabupaten Bangka sesuai dengan target kinerja yang sudah direncanakan,” ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa pada prinsipnya seluruh fraksi sudah menyetujui dan menerima rancangan perubahan anggaran APBD tahun 2021 untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah.

Akan tetapi sesuai hakikat demokrasi pancasila yang menjunjung tinggi musyawarah untuk mufakat yang seutuhnya, maka forum ini perlu mendengarkan keputusan secara aklamasi dari seluruh anggota dewan.

“Yang terpenting dalam pembahasan KUA dan PPAS APBD tahun anggaran 2022 adalah menyangkut kebijakan dalam hal pendapatan, belanja, pembiayaan dan asumsi yang mendasarinya.

Serta untuk menentukan program prioritas dan patokan batas maksimal anggaran untuk setiap kegiatan di pemerintahan Kabupaten Bangka selama periode satu tahun, yaitu tahun 2022,” terangnya.

Menurut Iskandar, untuk melakukan berbagai asumsi kebijakan tersebut diperlukan fasilitas anggaran melalui APBD.
Untuk itu kapasitas anggaran harus terus ditingkatkan dengan meningkatnya penerimaan pendapatan PAD baik dari sektor daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan yang dipisahkan maupun yang lainnya.

“Kami berharap program kerja tahun 2022 dapat terselenggara dengan baik dan tepat sasaran, serta dapat meningkatkan pendapatan asli daerah yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah Kabupaten Bangka,” pungkasnya.

Hadir dalam sidang paripurna Bupati Bangka, Wakil Bupati Bangka, Ketua DPRD Bangka, Wakil I dan II DPRD Bangka, unsur OPD, Camat, Lurah, Pabung Kodim 0413/Bangka, Polres Bangka, Kejaksaan dan tamu undangan.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *