oleh

Ditangkap di Pemali dan Sungailiat, Dua Pelaku Curanmor Ini Tak Berkutik di Depan Polisi

PANGKALPINANG, BNBABEL.COM – Lagi-lagi Polda Bangka Belitung berhasil mengungkap kasus tindak kejahatan pencurian dengan pemberatan kendaraan bermotor (curanmor).

Dua tersangka pelaku diciduk dari lokasi berbeda. Pelaku DI (40) ditangkap di Desa Tutut, Kecamatan Pemali, Bangka, Jum’at (18/06/2021) sekitar pukul 03.00 WIB.

Sebelumnya di hari yang sama, rekan DI, yakni IW (38) lebih dulu diamankan petugas di sebuah kontrakan di Kelurahan Paritpadang, Sungailiat, Bangka.

“Ada dua pelaku yang diamankan, salah satunya residivis kasus senjata api rakitan. Mereka ditangkap di dua lokasi berbeda,” kata Kabid Humas Polda Bangka Belitung, Kombes Pol A Maladi, yang dihubungi Senin (21/06/2021).

Kedua pelaku ditangkap oleh Tim 2 Opsnal Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Bangka Belitung, usai petugas melakukan penyelidikan menindaklanjuti laporan korban.

Dijelaskan Maladi, kronologis penangkapan berawal saat Tim Jatanras Polda Bangka Belitung berhasil menangkap dan mengamankan tersangka IW di salah satu kontrakan di Jalan Dempo, Parit Padang, Sungailiat.

Berdasarkan hasil interogasi diketahui bahwa pelaku melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan pencurian motor diantar oleh tersangka lainnya.

“Dari pengakuan IW ini, dia melancarkan aksinya bersama pelaku DI menggunakan sepeda motor milik DI,” jelas Kabid Humas Maladi.

Hasil penggeledahan di kontrakan IW, petugas menemukan barang-barang yang diduga berkaitan dengan tindak pidana pencurian, berupa satu unit sepeda motor Yamaha Soul GT yang digunakan pelaku saat melakukan pencurian, satu buah obeng plus gagang hitam-kuning dan satu buah gagang kail.

Setelah melakukan penggeledahan dan mengamankan barang-barang tersebut, kemudian sekitar pukul 03.00 WIB tim bergerak menuju rumah pelaku DI di Desa Tutut, Pemali, Bangka serta langsung melakukan penggerebekan dan mengamankan pelaku.

Dari penggeledahan terhadap DI ditemukan satu unit sepeda motor Yamaha Mio Soul GT milik korban, dua buah plat nomor polisi asli yang sudah dilepas oleh tersangka IW, sebuah jaket warna merah dan dua buah helm yang digunakan pelaku.

Selanjutnya kedua tersangka mengakui melakukan pencurian sepeda motor, laptop, handphone dan jam tangan dengan TKP Bukit Baru, Gerunggang, Pangkalpinang.

Diterangkan Kabid Humas, pelaku IW juga mengakui bahwa telah melakukan pencurian di berbagai tempat. Keduanya memiliki peran yang berbeda. Pelaku DI bertugas melakukan pengawasan keadaan dari atas sepeda motor. Sedangkan IW bertindak sebagai eksekutor yang masuk ke dalam rumah korban.

“Guna penyidikan lebih lanjut, keduanya berikut barang bukti diamankan di Mapolda Bangka Belitung,” tutup Maladi. (ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *