oleh

Disnaker Babel Punya Program Baru, Rekrut Pemuda dan Pemudi Magang ke Jepang

PANGKALPINANG,BNBABEL.COM- Pemuda dan Pemudi Bangka Belitung patut bersyukur. Di penghujung tahun 2021 ini, Pemprov Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Tenaga Kerja memiliki program merekrut para generasi muda Babel usia 19-26 tahun untuk mengikuti program magang ke Jepang.
Program anyar ini merupakan gebrakan dari Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ir Hj Elfiyena.

Pandemi yang belum usai ini, membuat Elfiyena mencari peluang untuk mengurangi pengangguran para generasi muda Babel.
Bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI, akhirnya Dinasi Tenaga Kerja Provinsi Babel membuka peluang para pemuda dan pemudi Babel untuk mendulang pengalaman dan keterampilan di Negeri Sakura.

Sebenarnya program ini sudah berlangsung cukup lama. Hanya saja, untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung baru bergulir tahun 2021.

Melalui pendekatan yang intensif, Kadisnaker Provinsi Babel Elfiyena akhirnya bisa mehadirkan program magang ke Jepang ini, yang masuk dalam Program IM Japan.

Sebanyak 152 Pemuda-pemudi Bangka Belitung tercatat mengikuti Test dan Seleksi Peserta Program Pemagangan Luar Negeri (Jepang) Tahun 2021, yang dibuka di GOR Sahabudin, Selasa (7/12/2021) lalu.

Dijelaskan Elfiyena, semenjak dibuka tahapan pendaftaran pada 13 Oktober 2021 lalu, para peserta harus menjalani serangkaian tes dan seleksi, antara lain mengikuti tes matematika, cek fisik, test ketahanan fisik, dan terakhir wawancara yang dilakukan oleh pihak kementerian.
Elfiyena berharap pemuda-pemudi Babel dapat memanfaatkan kesempatan ini dan dirinya juga meminta agar orangtua mendukung program dimaksud.

Menurut Elfiyena, banyak keuntungan mengikuti program ini, pemuda-pemudi cenderung akan lebih mandiri, memiliki pengalaman, lebih unggul. Dan karena pendapatan perbulannya juga besar (sekitar Rp 10-15 jt), maka nanti dapat digunakan untuk modal usaha.

Tidak hanya itu, setelah menyelesaikan masa magangnya selama tiga tahun, maka Kementerian Ketenagakerjaan RI akan memberikan modal usaha sebesar Rp 60-75 juta tergantung kurs yen. Kurang apalagi. Ini kesempatan emas bagi pemuda dan pemud Babel. Yo ambil kesempatan ini. (BN11)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *