oleh

Disinyalir Karena Sampah, Kobaran Api Lahap Kawasan Pemakaman Kemujan

SUNGAILIAT, BNBABEL.COM— Dilaporkan telah terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan pemakaman Kemujan, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, pada selasa (09/03) petang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari pihak Damkar Kabupaten Bangka, api telah melahap sekitar setengah hektare lahan di sekitar pemakaman sebelum tim Damkar mendatangi lokasi kejadian.

Ada pun penyebab kebakaran diduga karena adanya faktor kelalaian oleh seseorang yang telah membakar sampah di lokasi tersebut, sehingga membuat api kemudian menjalar ke lahan-lahan kering di sekitarnya.

“Kemungkinan orang bakar sampah di daerah itu dan dibiarkan. Angin kencang lalu membuat api menjalar ke mana-mana,” terang Syahrial selaku Kepala Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) mewakili Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangka Kusyono Aditama, SH.

Ditambahkan oleh Syahrial, bahwa informasi kebakaran itu diterima oleh pihaknya melalui regu I Damkar Kabupaten Bangka dari anggota BPBD Kabupaten Bangka, yang secara kebetulan sedang melintas di lokasi kejadian pada pukul 18.38 WIB.

Api pun ia katakan dapat dipadamkan pada pukul 19.10 WIB menggunakan satu unit mobil pemadam kebakaran atau blangwir.

Diingatkan olehnya bahwa kebakaran hutan dan lahan yang terjadi karena faktor kesengajaan atau kelalaian dapat dikenakan sanksi pidana dengan ancaman kurungan 12 tahun penjara sebagaimana yang tertuang dalam Undang-undang (UU) Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Pasal 187 KUHP.

Karena itu dia berpesan kepada masyarakat agar selalu berperan aktif menjaga lingkungannya dari aksi pembakaran hutan dan lahan yang sengaja dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, dan segera berkoordinasi dengan pihak aparatur desa atau lingkungan setempat bilamana mengetahui kejadian kebakaran di suatu wilayah untuk kemudian ditindak-lanjuti ke pihak Damkar Kabupaten Bangka.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *