oleh

Dishub Babel Gelar Inspeksi Keselamatan dan Pantau Prokes di Muntok

BANGKA BARAT, BNBABEL.COM – Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Dishub Babel) melakukan pengecekan kendaraan atau inspeksi keselamatan (ramp check), di Terminal Muntok dan Pelabuhan Tanjung Kalian, Kabupaten Bangka Barat, Senin (26/4/2021).

“Kegiatan ini sebagai upaya memberikan rasa aman dan keselamatan dalam berkendaraan,” ungkap Kepala Seksi Pengendalian Dinas Perhubungan Bangka Belitung sekaligus Ketua Tim Masagus Imron.

Dikatakannya, pemeriksaan kendaraan rutin dilakukan guna meminimalisir kecelakaan dan keselamatan para penumpang. Pemeriksaan dilakukan meski di tengah pandemi Covid-19, karena mobilitas tetap berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pemeriksaan standar yang dilakukan meliputi perlengkapan kendaraan berupa lampu kendaraan, ban, rem, klakson, pengukur kecepatan, wiper, pemecah kaca serta perlengkapan administrasi lainnya berupa izin trayek, kartu pengawasan dan lainnya.

Dengan adanya ramp check ini diharapkan para pengemudi dan operator kendaraan memeriksa secara rutin kendaraannya agar dalam kondisi baik dan layak jalan.

Dari pemeriksaan Dinas Perhubungan Bangka Belitung tersebut, terdapat 9 kendaraan antar kota dalam provinsi (AKDP) yang dilakukan ramp check, terdiri lima unit di Terminal Muntok dan empat unit di Pelabuhan Tanjung Kalian.

Selain ramp check, tim juga melakukan pemantauan terhadap penerapan protokol kesehatan Covid-19 di dalam bus maupun terminal, seperti ketersediaan hand sanitizer, tempat cuci tangan hingga pemakaian masker.

Masagus minta supir dan pemilik kendaraan serta para penumpang mematuhi imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan.
(ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *