oleh

Dinas PMP2KUKM Bangka Gelar Pelatihan Kompetensi Untuk Pengurus Koperasi

BANGKA, BNBABEL.COM – Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PMP2KUKM) Kabupaten Bangka menggelar kegiatan Pelatihan Peningkatan Pemahaman Pengetahuan dan Kompetensi SDM Koperasi.

Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Tanjung Pesona, Sungailiat, Selasa 15 Juni 2021 ini dihadiri oleh Ketua DPRD Bangka, Forkompinda Kabupaten Bangka, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bangka Belitung, Narasumber Yurnalis M.Si dan OPD dilingkungan Pemkab Bangka.

Mewakili Wakil Bupati Bangka, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian, Zulkarnain Idrus dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan bagi pengurus koperasi sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka menggerakkan roda perekonomian.

Ditambahkan, hal tersebut sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 1 bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.

“Untuk mencapai asas tersebut para pengurus dan anggota perlu memahami tentang pengertian, nilai-nilai dan prinsip-prinsip koperasi. Bahkan perlu mengenal struktur fungsi dan tugas setiap perangkat organisasi,” jelasnya.

Menurutnya, dalam kepengurusan kesungguhan menjadi modal utama dalam menjalankan sebuah organisasi dan memiliki keterampilan merupakan nilai tambah. Keterampilan dapat diperoleh melalui pelatihan maupun secara mandiri.

“Bersyukurlah bagi yang mengikuti pelatihan ini karena masih banyak pengurus lainnya yang belum bisa mengikuti pelatihan dari jumlah total koperasi 207 baru 110 koperasi yang dilatih jadi baru 53 persen, maka ikutilah pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Melalui pelatihan ini diharapkan pengurus koperasi dapat memberi motivasi kepada anggota bagaimana cara kerja yang efektif, efisien dan bertanggung jawab bahkan dapat melakukan kemitraan dengan lembaga lainnya,” tegasnya.

Ia menginginkan kepada seluruh peserta pelatihan mendapatkan ilmu dan pengalaman agar dapat mengambil manfaat dan menularkan kepada anggota di unit koperasi masing-masing agar koperasi di Kabupaten Bangka tumbuh dan berkembang dengan baik serta bermanfaat bagi masyarakat disekitarnya.

“Kita berharap nantinya tumbuh koperasi-koperasi baru sebagai salah satu wadah kegiatan ekonomi. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat serta hidayahnya kepada semua sehingga kegiatan ini dapat berjalan lancar,” pungkasnya.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *