oleh

Bupati Bangka : Sektor Sawit Telah Jadi Andalan Pemerintah Daerah.

MENDO BARAT, BNBABEL.COM – Dalam rangka meningkatkan produksi buah sawit rakyat, Pemerintah Kabupaten Bangka melakukan pelaksanaan program berupa peremajaan buah kelapa sawit yang dilaksanakan di Desa Air Buluh, Kecamatan Mendo Barat, Rabu (24/3/2021).

Saat ini ada seluas 63.98 hektar kebun kelapa sawit yang ada di Desa Air Buluh yang telah mendapatkan bantuan program peremajaan dari Pemerintah Pusat melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka. Bantuan tersebut disalurkan untuk Gapoktan yang ada di Desa Air Buluh.

Bupati Bangka Mulkan SH MH, saat sambutan menyampaikan bahwa sektor sawit saat ini telah menjadi andalan bagi Pemerintah Kabupaten Bangka. Menurutnya, harga tandan buah sawit di kalangan petani sudah lumayan tinggi sehingga bisa meningkatkan perekonomian di masyarakat.

“Program peremajaan ini merupakan salah satu langkah nyata guna memberikan suatu kesejahteraan masyarakat melalui perkebunan sawit. Jangan sampai memiliki batang pohon sawit banyak tapi hasil produksinya sedikit dan tidak memuaskan,” ujar orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka, Ellius Gani mengatakan jika program peremajaan kelapa sawit itu menggunakan bibit pohon yang unggul dan bersertifikat. Sehingga tanaman sawit yang tidak produktif akan digantikan dengan bibit yang unggul dan bagus kualitasnya.

“Program peremajaan ini merupakan bentuk perhatian khusus Pemerintah Kabupaten Bangka terhadap pelaku petani sawit. Tidak hanya bibit yang unggul diberikan tetapi juga biaya pembersihan lahan, sampai dengan perawatan, pemberian pupuk dan pestisida seluruhnya ditanggung oleh pemerintah,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut selain melakukan penanaman simbolis peremajaan kebun kelapa sawit, Bupati Bangka juga lakukan panen perdana buah sawit yang merupakan program Kebun Kelapa Sawit Rakyat (KKSR) tahap kelima.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *