oleh

Buka MTQH Pangkalpinang, Walikota Minta Pintar Berinovasi di Tengah Covid-19

Pangkalpinang, BNBABEL.COM – Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits (MTQH) Tingkat Kota Pangkalpinang kembali digelar, Kamis (01/04/2021) malam.

MTQH ke-29 dibuka resmi Walikota Maulan Aklil, di Ruang Operational Room (OR) Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Berbeda dari tahun biasanya, pemerintah Kota menggelar MTQH berlangsung indoor di ruang OR, selama lima hari pada 1-5 Apr 2021, karena pandemi Covid-19.

“Walaupun dengan anggaran minim, yang penting pelaksanaannya bisa berjalan. Kita harus pintar-pintar berinovasi di tengah Covid-19 tanpa harus menghilangkan marwahnya,” kata Walikota Maulan Aklil alias Molen.

Walikota Maulan Aklil dan Wakil Walikota M Sopian menabuh beduk, menandai Pembukaan MTQH ke-29 Kota Pangkalpinang.

Ia mengatakan, guna memotivasi masyarakat semakin mencintai Al Qur’an Pemerintah Kota Pangkalpinang akan memberangkatkan peserta terbaik MTQH untuk melaksanakan ibadah umroh.

Tak hanya itu, panitia bekerja sama dengan sponsor menyediakan tiga unit sepeda motor sebagai hadiah untuk kafilah peraih juara umum terbaik 1, 2, dan 3 pada MTQH kali ini.

Sebagai rumpun Melayu Bangka Belitung, ia mengingatkan warga Pangkalpinang untuk selalu memakmurkan masjid, membangun daerah, serta menjaga dan melestarikan budaya Melayu.

”Budaya melayu harus tetap kita jaga, jangan sampai runtuh. Saat ini muda-mudi kita mungkin hanya 30 persen saja yang mau ke masjid,” ujarnya.

Molen juga mengajak umat untuk menghilangkan penyakit hati berupa iri dan dengki, serta bersama-sama menjaga iman agar mendapat ridho Allah SWT menuju syurga.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Haris Munandar melaporkan, MTQH ke-29 ini diikuti sebanyak 412 peserta dari tujuh kecamatan.

Kafilah terbanyak berasal dari Kecamatan Rangkui dengan 81 peserta. Disusul kafilah Kecamatan Gerunggang 73 peserta dan Bukit Intan 67 peserta.

Dikatakan Haris, kegiatan MTQH untuk mewujudkan pengamalan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, peningkatan kualitas iman dan takwa, serta upaya membumikan firman Allah SWT sebagai petunjuk paripurna.

“Dalam lingkup Kota Pangkalpinang, penyelenggaraan MTQH untuk meningkatkan seni baca dan pengamalan Al Qur’an serta mendukung program pembangunan bidang keagamaan,” kata Haris.

Selain itu, tambahnya, kegiatan ini juga bertujuan sebagai ajang seleksi bagi kafilah Pangkalpinang untuk mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pada MTQH kali ini terdapat 9 cabang yang diperlombakan, yakni tilawah, qiroat, hafalan, tafsir, fahmil, fahmil beregu, kaligrafi, karya tulis ilmiah Al Qur’an, serta cabang hadits nabi.

MTQH yang ditandai pemasangan baju dewan hakim oleh Walikota Maulan Aklil, mengusung tema “Dengan MTQH XXIX Tingkat Kota Pangkalpinang Tahun 2021, Kita Tingkatkan Pemahaman Al Qur’an dan Moderasi Beragama dalam Mewujudkan Pangkalpinang Kota Beribu Senyuman”. (ima)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *