oleh

Bijak Bermedia Sosial, Pemkot Pangkalpinang Gelar Kegiatan Literasi Digital

PANGKALPINANG, BNBABEL.COM – Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan literasi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan kegiatan literasi digital untuk mengedukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan literasi digital lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital paltform di 77 kota atau kabupaten area Sumatera II.

Yang mana dimulai dari Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI/Polri, orang tua, pelajar, penggiat usaha, pendakwah dan sebagainya.

Ada sebanyak 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, diantaranya digital skill, digital safety, digital ethic dan digital culture dimana masing-masing kerangka mempunyai beragam tema.

Dalam kegiatan ini melibatkan 4 narasumber yang akan tampil, yaitu berasal dari 2 narasumber nasional yang membahas digital skill dan digital safety serta dua narasumber lokal yang membahas digital ethic dan digital culture yang akan memberikan presentasi sesuai bidang dan kompetensinya. Dan di akhir pembahasan, key opinion leader akan memberikan sharing seasion.

Sebagai keynote speaker, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman memberikan sambutan bahwa literasi digital dari Kominfo ini sangat bermanfaat dalam membangun daerah masing-masing oleh putra putri daerah melalui digital paltform. Selain Presiden RI Joko Widodo juga memberikan sambutan dalam mendukung literasi digital Kominfo 2021.

Ira Dewi Lestari sebagai Instruktur Yale Communication dan Relawan TIK pada sesi Kecakapan Digital. Ira memaparkan tema basic skill tentang hardware dan software dan penggunaannya. Dalam pemaparannya Ira menjelaskan pengertian hardware dan software. Hardware merupakan komponen perangkat keras yang terdapat pada suatu perangkat komputer yang dapat dilihat dengan kasat mata. Fungsi hardware ialah untuk mempermudah pengolahan file ataupun data. Jenis hardware terdiri dari perangkat masukan perangkat pengolahan data perangkat keluaran perangkat tambahan dan perangkat penyimpanan. Contoh hardware adalah hardisk dan motherboard.

Software merupakan sebuah perangkat lunak yang berwujud program ataupun aplikasi yang mampu menjalankan semua perintah sesuai dengan fungsi masing-masing. Fungsi software ialah sebagai pendukung dari perangkat keras yang terdapat pada komputer. Tipe software diantaranya sistem software seperti Macos, Windows dan Linux. Application software seperti Google slide Mozilla Firefox Google chrome dan lain-lain. Serta Malware seperti virus yang sengaja dibuat untuk merusak sistem komputer.

Dilanjutkan dengan sesi keamanan digital oleh Dadan Hermawan ST sebagai CTO Cyber Group. Dadan mengangkat tema Main Aman Saat Belanja Online. Dadan membahas faktor kenaikan jumlah internet meliputi infrastruktur internet cepat atau boardbrand di Indonesia semakin rata, transformasi digital semakin masif akibat pembelanjaan online, serta kebijakan bekerja dari rumah sejak Maret 2020. Produk yang banyak dibeli berupa produk fashion dan kecantikan produk rumah tangga serta produk elektronik.

Alur belanja online yang aman meliputi hindari penggunaan wi-fi publik gunakan situs belanja terpercaya pilih seller dengan reputasi baik perhatikan deskripsi produk dengan teliti gunakan rekening khusus dan simpan bukti transaksi. Pastikan bahwa yang digunakan sudah aman tidak simpan kartu kredit di toko online lihat kebijakan situs belanja online terhadap data pribadi dan adukan masalah transaksi yang tidak sesuai.

Sesi Budaya Digital oleh Yulizar sebagai Tenaga Konsultan Desain Kemasan Produk UPTD Rumah Promosi dan Kemasan. Zulizar memberikan materi dengan tema memahami batasan dalam kebebasan berekspresi di dunia digital. Yulizar menjelaskan dampak penting perubahan digitalisasi berupa relasi-relasi sosial menjadi berubah bagi seseorang yang mau masuk ke dalam era perkembangan terutama digitalisasi. Dengan adanya teknologi perkembangan digital ini maka diharapkan masyarakat dapat menjadi berkualitas dan perkembangan manusia menjadi lebih cepat. Ruang digital merupakan sarana kebebasan berekspresi namun terdapat batas kebebasan yang bertanggung jawab. Batasan kebebasan tersebut harus bertanggung jawab tidak boleh melanggar hak apalagi kebebasan berekspresi tersebut terbukti melukai orang lain.

Batasan kebebasan yang bertanggung jawab sehubungan dengan sarana kebebasan berekspresi dalam media komunikasi seseorang berkembang dengan cepat. Sehingga tak jarang menimbulkan efek negatif seperti penyebaran informasi hoax hingga penipuan. Tips untuk mengatasi hal tersebut dengan cara tidak memberikan informasi pribadi kepada orang tidak dikenal usahakan untuk selalu menggunakan mode privasi di media sosial melakukan pencarian informasi dengan sumber yang aman serta selalu hati-hati dengan apa yang kita posting.

Narasumber terakhir pada sesi Etika Digital oleh Rama Saktriawindarta S.Kom selaku Pengurus RTIK Wilayah Bangka Belitung. Rama mengangkat tema Etika Berjejaring, Jarimu Harimaumu. Rama menjelaskan Etika berjejaring merupakan norma yang mengatur seseorang dalam jejaring di dunia maya. Etika berjejaring di dunia digital meliputi tidak menyebarkan hoax, tidak melakukan ujaran kebencian, tidak melakukan body shamyng, hindari bullying, tidak mengunggah foto dan video asusila menjaga kerahasiaan pribadi serta sopan santun dalam berjejaring.

Empat ciri VOC antara lain sumber informasi tidak jelas identitasnya, pesan tidak mengandung unsur SW+1H pihak yang menyebarkan informasi meminta info tersebut disebarluaskan secara masif serta diproduksi untuk menyasar kalangan tertentu. Jerat hukum untuk penyebaran hoax berupa ancaman pasal 28 ayat 1 undang-undang ITE.

Webinar diakhiri oleh Jos Oren selaku Youtuber dan Influencer dengan follower B.B36. Jos menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat para narasumber berupa aman dalam belanja online dengan cara pilih toko dengan reputasi baik kritis sebelum membeli dan hindari pembelian elektronik dengan harga miring. Mempunyai basic skill software dan hardware untuk meningkatkan kemampuan diri mempermudah pengolahan data dan membantu pengolahan bisnis.

Kebebasan dalam berekspresi di dunia digital namun bebas bukan berarti seenaknya tetap harus mengikuti norma dan undang-undang ITE yang berlaku di Indonesia. Sebutkan ciri-ciri berita hoax meliputi sumber informasi tidak jelas tidak mengandung unsur SW+1H serta menyasar kalangan tertentu.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *