oleh

BGR Bersama Pemprov Babel Beri Bantuan Alat Sortir Lada

BANGKA, BNBABEL.COM-Dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas Lada Muntok White Pepper Babel, PT Bhanda Ghara Reksa (BGR) Persero Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Babel, memberikan bantuan alat sortir lada ke Gudang (SRG) Lada Puding, Kabupaten Bangka dan SRG Lada Mangkol Kabupaten Bangka Tengah (Bateng).

Penyerahan bantuan pada Rabu (30/6/2021) itu, disaksikan Gubernur Babel Erzaldi Rosman Kepala Cabang PT BGR Babel, Kepala Gudang SRG Lada Puding dan SRG Lada Mangkol, di Gudang SRG Lada Puding Besar Kecamatan Puding Besar Kabupaten Bangka.

Selain itu, juga hadir Staf Khusus Gubernur Babel Bidang Perdagangan & Logistik Dhani Septiawan, Kepala Cabang PT Bhanda Ghara Reksa Provinsi Babel, Kepala Disperindag Babel, Kepala Dinas Pertanian Babel, Ketua Koperasi Lada Babel, Ketua BP3L Babel, Kepala KPB Babel, dan Kepala SRG Lada Se-Bangka serta pejabat terkait lainnya.

Gubernur mengatakan, bantuan alat sortir lada yang diberikan merupakan kerja sama PT. BGR Pangkalpinang bersama Pemprov Babel, dimana fungsi alat tersebut adalah untuk menyortir lada, dengan tujuan meningkatkan mutu kualitas lada, dimana selama ini hanya dilakukan uji mutu lada saja.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada PT BGR Pangkalpinang Babel atas bantuan dan kerja sama dalam mendukung program Pemprov Babel, terutama dalam hal peningkatan kualitas dan mutu lada.

“Untuk PT. BGR, saya mengucapkan terima kasih, program bantuan BGR terus berlanjut dan harapan resi gudang ini sudah di taruh di BGR untuk siap ekspor. Pembinaan resi gudang terus dilakukan. Untuk kepentingan masyarakat jangan pernah menyerah,” katanya.

Sementara itu, Dian Priambodo Kepala Cabang PT BGR Pesero Babel mengharapkan bantuan CSR PT BGR dapat dimanfaatkan oleh para petani lada, untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Pesan pak Dirut, mudah-mudahan alat ini bermanfaat dan meningkatkan perekonomian petani lada,” harapnya.

Hal yang sama juga diutarakan Kepala Disperindag Babel Tarmin. Menurutnya, resi gudang ini sangat bermanfaat buat para petani lada, karena resi gudang menjadi tempat untuk mengendalikan harga lada dan bantuannya dapat bermanfaat bagi petani lada.

Bantuan alat sortir lada, ditambahkan Sekertaris Disperidag Babel Deki Susanto, sebagai upaya meningkatkan mutu dan kualitas lada Muntok White Pepper serta mendukung Disperindag Babel untuk melakukan pasar lelang komoditi.

Menurutnya, dengan adanya alat mesin sortir lada nantinya lada yang masuk ke dalam gudang SRG akan dilakukan penyortiran terlebih dahulu, setelah itu baru dilajutkan uji mutu lada untuk menentukan grade ladanya, sehingga kualitas dan muntu lada semakin bagus dan menjadi jaminan buat buyer.

“Selama ini, lada yang berada di Gudang SRG hanya melalui uji mutu di BSPMB Babel saja, yaitu mulai dari uji kadar air, benda asing dan biji hitam, sehinga menghasilkan lada grade satu dan dua. Kita ucapkan terima kasih kepada PT. BGR atas bantuan hibahnya,” ucapnya.

Dengan adanya alat ini, dirinya berharap lada yang di titip di Gudang SRG kualitas dan mutunya lebih terjamin serta memenuhi standar nasional.

Kepala SRG Puding Kamsir mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PT BGR, dengan harapan bantuan yang diberikan membawa manfaat buat SRG sebagai sortir lada, sebelum di uji di lab BPSMB Babel.

“Terima kasih untuk BGR yang telah menghibahkan bantuannya. Kita tidak lagi ketergantungan kepada pihak lain,” ujarnya. (rz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *