oleh

Bersama Nelayan Tempilang, PT Timah Tenggelamkan 55 Rumpon di Laut

BANGKABARAT, BNBABEL.COM — Masyarakat nelayan di Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tampak antusias menyaksikan penyerahan rumpon secara simbolis, dari PT Timah Tbk kepada Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming, di Pantai Selepuk Kecamatan Tempilang Kabupaten Bangka Barat, Selasa (28/09/2021).

Sebanyak 55 rumpon yang diserahkan tersebut merupakan rumpun yang dibuat para nelayan dibantu beberapa tukang.Rumpon berbentuk limas akan ditenggelamkan ke laut yang nantinya akan menjadi rumah ikan.

”Secara teknis kami kurang paham dalam pembuatan rumpon ini, jadi kami bekerjasama dengan beberapa tukang dalam pembuatannya. Alhamdullilah dari sini kami bisa belajar membuat rumpon,” ujar Ketua Kelompok Nelayan Bintang Laut, Masdianto atau yang akrab disapa Baidi.

Puluhan Rumpon ini akan ditenggelamkan di empat titik yang berjarak sekitar 1-2 mil, yang disebar di wilayah laut Tempilang.
Dalam kegiatan ini, PT Timah Tbk menggandeng beberapa kelompok nelayan untuk ikut penenggelaman rumpon, diantaranya Kelompok Nelayan Bintang Laut, Nelayan Batu Putih, Nelayan Trisa Indah, Nelayan Ketapang, serta Nelayan Benteng Kota dan Tanjung Niur.

Baidi berharap, puluhan rumpon ini nantinya akan dimanfaatkan oleh kelompok – kelompok Nelayan yang ada di Kecamatan Tempilang, serta masyarakat Tempilang, sehingga bisa meningkatkan hasil tangkap nelayan.
“Semoga PT Timah selalu bersinergi dengan masyarakat, khususnya melayan. Serta dapat menambahkan lagi jumlah rumpon yang ada di laut Tempilang,” harap Baidi.

Sementara itu, Wakil Ketua Kelompok Nelayan Tanjung Niur Romidan berharap agar jarak penenggelaman rumpon ini jangan terlalu jauh dari bibir pantai, agar memudahkan nelayan dalam mencari ikan dan juga mengurangi biaya operasional serta risiko kalau melaut ke tengah.
“Kalau bisa jaraknya jangan jauh-jauh, agar kami mencari ikannya dekat-dekat sini saja,” tuturnya.
Penyuluh Perikanan kabupaten Bangka Barat Andi menuturkan, kerjasama yang dilakukan nelayan dengan PT Timah sangat bagus dan tentunya berguna untuk nelayan di masa datang.

“Kami berharap kegiatan ini tentunya dapat memperbaiki ekosistem laut, supaya ikan-ikan dapat berkembang biak di lokasi penenggelaman rumpon ini. Pada usia enam sampai delapan bulan rumpon ini baru dapat dimanfaatkan oleh Nelayan semoga dengan adanya rumpon ini dapat meningkatkan hasil tangkap Nelayan,” sebutnya.
Selain itu, Andi juga berharap PT Timah Tbk dapat selalu mensupport masyarakat sekitar nelayan dengan memberikan bantuan alat tangkap dan lain sebagainya serta program – program yang berkesinambungan.
Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming mengapresiasi PT Timah Tbk yang kerap membantu masyarakat mereka, termasuk kepada nelayan.

“Terimakasih kepada PT Timah yang sudah berbuat untuk masyarakat kami khususnya masyarakat Nelayan, dalam hal ini salah satunya penenggelaman rumpon. Kami berharap kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan oleh PT Timah Tbk, tapi juga dapat dilakukan oleh perusahaan – perusahaan tambang sejenis,” ujar Bong Ming Ming.

“Selama ini baru PT Timah yang kami lihat bukti nyata dalam bentuk CSR maupun reklamasi yang dilakukan untuk kami di Bangka Barat,” sambungnya.
Ia berharap, kedepannya rumpon yang ditenggelamkan ini dapat dimaksimalkan, agar memiliki manfaat lebih besar untuk masyarakat.
“Semoga kedepan PT Timah semakin baik, semakin jaya serta menjadi BUMN terkuat yang ada di Indonesia,” tutup Bong Ming Ming.

Kegiatan penenggelaman rumpon ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, General Manager PT Timah Tbk Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Robert, para nelayan dan masyarakat s sekitar. (BN11)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *