oleh

Berkali Kali Di Tertibkan, Tambang Ilegal Di KIJ Tetap Membandel

SUNGAILIAT, BNBABEL.COM – Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangka kembali melakukan penertiban aktivitas tambang pasir timah ilegal yang berada di Kawasan Industri Jelitik (KIJ), Sungailiat, Selasa (23/2/2021).

Kabid Penegakan Perundang Undangan Daerah, Doddy Fitri Diansah,S.STP seizin Kasatpol Kusyono Aditama SH menjelaskan jika aktivitas tambang inkonvensional jenis rajuk itu sudah lama berada di lahan milik Pemerintah Kabupaten Bangka.

“Kami sebelumnya sudah beberapa kali melakukan pengawasan dan terus memberikan himbauan maupun peringatan kepada para penambang yang beraktivitas di lokasi tersebut, tapi sepertinya tidak mereka hiraukan. Kita juga pahami jika masyarakat juga perlu memenuhi kebutuhan sehari-harinya, apalagi di masa sulit seperti sekarang ini. Namun, kalau bisa jangan sampai merusak lahan milik pemerintah,” tegasnya.

Dia menyarankan seandainya ingin menambang harus mengurus ijin legalnya. Kemudian pihaknya juga meminta pengertian kepada para penambang agar tidak menambang di lokasi yang mana telah dilarang untuk dilakukan penambangan.

Saat tim tiba di lokasi, ditemukan masih ada sekitar 20 unit mesin TI rajuk yang masih beraktivitas dan diperparah titik lokasi penambangan sangat berdekatan dengan pemukiman warga. Menurutnya, penambangan itu telah menyebabkan kerusakan lingkungan dan juga meresahkan warga sekitar.

“Kita sudah memberi arahan terakhir secara persuasif dan sudah diberikan ultimatum kepada para penambang bahwa besok mereka harus membongkar sendiri peralatan ti yang berada di aset Pemda tersebut. Jadi kedepan persoalan ini tidak berlarut larut dan dapat segera diselesaikan, sehingga kedepan aset milik Pemda dapat dipergunakan sebagaimana mestinya,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *