oleh

Babel Segera Berlakukan Tilang Elektronik, Ini Titik Lokasi CCTV Mengawasi 1×24 Jam

Pangkalpinang – Direktorat Lalu Lintas Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) segera memberlakukan penerapan electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik.

Kota Pangkalpinang ditengarai akan menjadi kawasan pertama penerapan ETLE. Sejumlah kamera CCTV sudah terpasang di beberapa titik yang akan memberlakukan tilang elektronik ini.

“Penerapan etle di wilayah Pangkalpinang yakni Simpang Kantor Gubernur, Simpang Semabung, Simpang PT Timah dan Simpang Masjid Jamik,” ungkap Kabid Humas Polda Babel, Kombes Pol Maladi, di Pangkalpinang, Kamis (25/02/2021).

Ia menjelaskan, pola kerja etle menempatkan CCTV yang mengawasi pengguna jalan selama 1×24 jam. Rekaman dari kamera CCTV ini dapat digunakan sebagai barang bukti dalam perkara pelanggaran lalu lintas.

Terdapat sejumlah kamera yang berfungsi mendeteksi pelanggaran lalu lintas. Antara lain kamera face recognition untuk mendeteksi sensor di wajah, kamera check point berfungsi mendeteksi pelanggaran safety belt dan distruction atau pengguna handphone.

“Ada pula ANPR camera (automatic number plate recognition) mendeteksi ranmor berdasarkan TNKB secara otomatis, kamera ini juga mampu mengidentifikasi jenis tipe/merk dan warna ranmor yang melintas di kawasan atau wilayah tertentu,” jelasnya.

Dikatakan, sistem ETLE ini juga memiliki traffic flow management yakni untuk mengetahui kondisi kemacetan pada ruas jalan tertentu.

Menurutnya, pemberlakukan penerapan etle baru dalam proses persiapan. Pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Ia menyebut, selain menjadi prioritas Kapolri Listyo Sigit Prabowo, tilang elektronik ini sekaligus bentuk penindakan efektif yang dilakukan selama pandemi Covid-19 atau new normal.

“Ini juga menghindari konflik antara petugas dan pelanggar, menghilangkan pungli serta menghindari kontak fisik,” tambah Maladi.

Secara garis besar, sambungnya, tujuan penerapan etle salah satunya adalah membangun budaya baru dalam tertib berlalu lintas. (ismail muridan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *