oleh

Antisipasi Kecurangan PPDB, Ombudsman RI Babel Buka Posko Pengaduan

BANGKA, BNBABEL.COM – Dalam mengantisipasi adanya kecurangan dalam Penerima Peserta Didik Baru (PPDB) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun ajaran 2021-2022, Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Bangka Belitung akan membuka posko pengaduan.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Babel, Shulby Yozar Ariadhy menuturkan jika posko pengaduan tersebut akan dibuka mulai tanggal 11 Juni sampai dengan 31 Juli 2021. Posko ini akan dibuka ketika PPDB juga dimulai.

“Untuk proses pengaduan ke Ombudsman seperti pengaduan di bidang lain, dapat datang langsung ke kantor maupun melalui nomor WA yang telah di siapkan 08119733737,” ujarnya, Senin (31/5/2021).

Kemudian dia katakan menjelang dimulainya PPDB, Ombudsman Babel akan melakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait penyelenggara PPDB. Selanjutnya untuk proses pengaduan identitas pelapor akan dirahasiakan bila menyangkut permasalahan yang spesifik, tetapi ada hal-hal tertentu yang tidak bisa dirahasiakan.

Menurutnya, pertemuan itu dilakukan bertujuan untuk memperoleh informasi terkait kebijakan sistem penerimaan siswa baru.

“Kita akan kumpulkan juga informasi mengenai variasi atau kendala secara teknis yang akan dialami pihak sekolah. Kami berharap PPDB ini sesuai dengan prosedur, hak dan akses masyarakat dapat dibuka secara merata,” imbuhnya.

Pihaknya mengharapkan semua regulasi yang telah dibuat nanti dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, semoga saja bisa berjalan secara maksimal.

“Posko pengaduan seperti ini sudah menjadi agenda Ombudsman RI Babel dan selalu kita laksanakan setiap tahunnya, dan posko pengaduan ini menampung informasi kecurangan penerimaan siswa baru dari tingkat SD sampai SMA. Saya mengharapkan agar penyelenggara pelayanan publik dapat lebih responsif dalam pelaksanaan PPDB sehingga akses masyarakat terhadap pelayanan pendidikan dapat berjalan dengan baik,” pungkas Kepala Ombudsman RI Babel.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *