oleh

Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Pemkab Bangka Siapkan Dana 100 Milyar

BANGKA, BNBABEL.COM – Dalam upaya untuk mengantisipasi terjadinya gelombang ketiga wabah Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bangka telah menyiapkan anggaran sebesar 25 persen dari dana alokasi umum untuk tahun anggaran 2021.

Bupati Bangka, Mulkan menyampaikan untuk saat ini pemerintah daerah telah melakukan beberapa persiapan dalam mengantisipasi gelombang ketiga mewabahnya virus corona. Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan mengganggarkan penanganan Covid-19 yang serap dari dana DAU tahun anggaran 2021.

“Pengalokasian dana sebesar 25 persen dari dana alokasi umum yang diperuntukkan untuk penanganan Covid-19 gelombang ketiga sebenarnya telah dicanangkan juga oleh pemerintah pusat,” ujar Mulkan, Jum’at (12/11/2021).

Ia menambahkan persiapan anggaran 25 persen dari 400 milyar dari DAU menurutnya suatu alokasi dana yang cukup besar. Pasalnya jumlah dana yang akan dialokasikan akan sebesar 100 milyar lebih.

Selanjutnya Bupati Bangka menegaskan jika pemerintah Kabupaten Bangka juga akan menyiapkan dana dari dana belanja tidak terduga yang sewaktu waktu bisa digunakan untuk mengatasi penanganan Covid-19.

“Ini kami putuskan demi memberikan perlindungan kepada dan keselamatan kepada masyarakat,” tuturnya.

Dikatakannya bahwa undang-undang yang tertinggi adalah bagaimana memberikan keselamatan kepada masyarakat. Oleh sebab itu, pemerintah bersama dengan satuan tugas penanganan Covid-19, TNI, polri dan stakeholder lainnya terus melakukan segala upaya dalam memutuskan dan menekan angka penularan wabah virus corona.

Bupati juga mengatakan jika gelombang ketiga penyebaran wabah Covid-19 bisa terjadi di akhir tahun 2021 atau di awal tahun 2022. Maka dari itu, ia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak abai dalam melakukan dan tetap taat dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Saat ini Kabupaten Bangka telah masuk PPKM level 2, tapi masyarakat jangan lengah. Tetap ikuti aturan yang telah pemerintah tetapkan agar terhindar dari gelombang ketiga Covid-19,” pungkasnya.

Penulis : Ib

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *