oleh

Amri Cahyadi Beberkan Buat Apa Saja Pemprov Babel Pinjam Rp 245 Miliar

BERSAHAJANEWSBABEL.COM, PANGKALPINANG – Plt Ketua DPRD Kepulauan Bangka Belitung Amri Cahyadi mengungkapkan setidaknya akan ada tiga OPD di lingkup Pemprov Babel dapat kucuran dana pinjaman yang kini tengah diajukan Pemprov Babel ke Kementerian Keuangan.

Tiga OPD tersebut yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Babel, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. (HC) Ir. Soekarno Provinsi Babel, dan Dinas Kelautan dan Perikanan.

“Untuk pinjaman daerah yang kita ajukan yakni sebesar Rp 245 miliar, pinjaman itu akan digunakan untuk melaksanakan dikegiatan yang ada di tiga OPD,” kata Amri usai Rapat Paripurna Pengesahan RAPBD 2021, Kamis (26/11/2020).

Ia menyebutkan untuk Dinas PUPR, dana yang diberikan akan digunakan untuk pelaksanaan empat kegiatan jalan, salah satunya pelebaran jalan.

Jalan-jalan yang akan dilakukan pelebaran yakni jalan provinsi yang kondisi aslinya belum sesuai tipe jalan provinsi.

Kemudian, dana dari pinjaman tersebut akan digunakan juga untuk meningkatkan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Provinsi dengan pengadaan alat radiologi.

“Seperti visi yang disampaikan gubernur dalam rapat paripurna HUT Babel kemarin, Ia ingin sekali pasien atau masyarakat Bangka Belitung yang menderita kanker tidak harus di rujuk ke luar daerah lagi. Sebagaimana kita tahu selama ini masyarakat kita dirujuk ke luar untuk memeriksa sakitnya, jika alat dan gedung sudah siap, Rumah Sakit Provinsi bisa jadi rujukan,” ungkapnya.

Lanjut Amri, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) juga akan menjadi prioritas penyaluran dana ini.

Dimana dana pinjaman ini akan digunakan untuk membangun dermaga guna menopang aktivitas nelayan.

“Pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ini bunganya nol persen, program ini kebijakan pemerintah pusat untuk membantu daerah yang terdampak pandemi covid-19,”

“Intinya ini untuk percepatan pembangunan daerah, yang mana diharapkan dari percepatan pembangunan tersebut timbul kegiatan yang merangsang pertumbuhan ekonomi dan kegiatan yang berimbas pada pemenuhan lapangan pekerjaan,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *