oleh

75% Medali PON Disumbangkan Atlet Jebolan PPLP Babel

PANGKALPINANG, BNBABEL.COM -Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merupakan centra pembinaan atlet pelajar yang bertugas melaksanakan pembibitan dan pembinaan olahraga pelajar secara terencana, teratur dan berkesinambungan dalam suatu wadah atau sentra yang sistemik dibawah naungan Bidang Olahraga Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Salah tujuan pembinaan PPLP Provinsi Bangka Belitung adalah menampung dan menyalurkan potensi/bakat para atlet/pelajar dibidang olahraga atau sebagai kelanjutan pembinaan atlet/pelajar di daerah.

Berkenaan dengan hal itu untuk mendapat calon atlet yang berbakat yang akan dibina di PPLP, maka dilakukan proses seleksi yang ketat sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Kemenpora RI sebagai pembina PPLP di seluruh Indonesia serta ketentuan yang sudah ditetapkan oleh PB/PP cabang olahraga terkait.

Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora) Bangka Belitung melalui Bidang Olahraga melaksanakan seleksi calon atlet dari salah satu cabang olahraga yang dibina di PPLP Bangka Belitung yaitu Pencak Silat.

‘’Untuk mendapat calon atlet Pencak Silat yang berbakat yang akan dibina di PPLP, maka harus dilakukan proses seleksi yang ketat sesuai dengan ketentuan yang ada.’’ kata Harun Kabid Pembudayaan dan Prestasi Olahraga Disparbudkepora Bangka Belitung melalui pesan whatsapp, Senin (12/7/2021).

Harun mengatakan hingga saat ini cabor yang dibina di PPLP ada 3 yaitu, Atletik, Pencak Silat dan Bola Voli Pasir, namun dikarenakan terdapat 4 orang atlet cabor pencak silat yang telah menyelesaikan sekolah menengah maka Pengelola PPLP akan melakukan rekruitmen atlet pelajar baru yang berbakat yang berasal dari Kabupaten / Kota se Bangka Belitung yang akan dilaksanakan dari tanggal 12 sampai 13 Juli 2021.

‘’Proses seleski calon atlet ini akan meliputi proses administrasi, psikotes, kesehatan, kebugaran jasmani dan keterampilan. ‘’Hingga sampai ditutupnya pendaftaran ada 14 calon atlet yang akan mengikuti seleksi ini.’’ katanya.

Dirinya berharap dari proses seleksi ini nantinya terpilih atlet cabor pencak silat yang berbakat yang nantinya akan dibina di PPLP.

‘’Semoga kedepan mereka dapat berprestasi secara makasimal sehingga dapat memberikan kontribusi prestasi secara maksimal untuk Bangka Belitung dan Indonesia di tingkat Nasional, Regional dan Internasional.’’ harapnya.

Lebih jauh Kepala Bidang Pembudayaan dan Prestasi Olahraga Harun menjelaskan perjalanan pembinaan PPLP di Provinsi Bangka Belitung mengalami banyak perubahan dalam sistem pembinaan dan prestasi.

‘’PPLP Bangka Belitung telah banyak menyumbangkan sejumlah atlet junior maupun senior di tiga cabang olahraga binaannya untuk mewakili Bangka Belitung maupun Indonesia di ajang Regional maupun Internasional. Banyak siswa PPLP yang kemudian terpilih menjadi olahragawan Nasional dan berhasil meraih prestasi di tingkat Nasional dan Internasional.’’ imbuhnya.

Dikatakannya lagi hampir 75% medali yang diraih Bangka Belitung dalam keikutsertaannya di Pekan Olahraga Nasional (PON) sejak PON Sumatera Selatan 2004 hingga PON Jawa Barat 2018 disumbangkan oleh atlet jebolan PPLP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

‘’Pada PON Papua 2021 ini terdapat 16 orang atlet jebolan PPLP akan memperkuat kontingen Bangka Belitung yaitu, 13 atlet di cabang atletik, 2 atlet voli pasir dan 1 atlet pencak silat, dengan hal itu kita dapat membuktikan bahwa peran PPLP Bangka Belitung dalam pembinaan atlet begitu besar.’’ tutupnya. (rz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *