oleh

18 Pesawat Tempur dan 8 Helikopter TNI Terbang Melintas Di Istana Merdeka Jakarta

JAKARTA, BNBABEL.COM – Menjelang peringatan HUT Ke-76 TNI yang akan dipusatkan di Istana Merdeka Jakarta, sebanyak 18 pesawat tempur dan 8 pesawat helikopter TNI melaksanakan latihan demo udara di atas langit Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (2/10/2021).

Pada sesi latihan hari ini, 8 pesawat helikopter TNI (AD, AL, AU) dengan call sign “Trimatra flight” melintasi langit Istana Merdeka, Jakarta membawa bendera Merah-Putih dan bendera Lambang TNI ukuran 20×30 Meter.

Kedelapan pesawat helikopter ini terbagi dalam dua elemen penerbangan. Elemen pertama (4 helikopter) terdiri dari 1 Helikopter NAS-332 Super Puma Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja yang membawa bendera Merah Putih dan 3 Helikopter AH-64 E Apache Skadron-11/Serbu, TNI AD.


Sementara elemen kedua (4 helikopter) terdiri dari 1 Helikopter EC-725 Caracal Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja dengan membawa bendera Trimatra TNI dan 3 Helikopter AS565 MBe Panther Skadron Udara 400 Wing II, TNI AL.

Sementara 18 pesawat tempur TNI Angkatan Udara yang terdiri dari 6 peaawat tempur T-50i Golden Eagle “Golden Flight” (Skadron Udara 15), 6 F-16 Fighting Falcon “Dragon Flight” (Skadron Udara 3) dan 6 pesawat tempur SU-27/30 “Bajra Flight” (Skadron Udara 14 dan 11) melaksanakan terbang formasi “Arrow Head” dan manuver “Bomb Burst” tepat di atas Istana Merdeka.

Kepala Dinas Penerbangan TNI AU, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menyampaikan, pada latihan demo udara hari ini, seluruh pesawat sudah tampil dengan konfigurasi lengkap, sesuai dengan perencanaan demo udara pada tanggal 5 Oktober 2021 mendatang.

“Hari ini seluruh alutsista yang akan dilibatkan pada saat peringatan HUT Ke-76 TNI sudah tampil dalam konfigurasi yang lengkap, baik pesawat tempur maupun pesawat helikopter,” jelas Marsma Indan.

Marsma Indan juga menyampaikan, Upacara Peringatan HUT Ke-76 TNI tahun ini akan dipusatkan di Istana Merdeka dan akan dipimpin langsung oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo.(BN02)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *